Andre Onana Disebut Downgrade dari David De Gea

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 06 Oktober 2023
Andre Onana Disebut Downgrade dari David De Gea
Andre Onana (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United melalui awal musim terburuk sejak terakhir terjadi pada 1986. Red Devils sudah kalah empat kali dari tujuh laga Premier League, lalu di fase grup Liga Champions tanpa kemenangan di dua laga pertama.

Berbagai macam berita negatif di balik alasan buruknya performa Man United naik ke permukaan, salah satu yang disorot adalah penampilan Andre Onana. Kiper asal Kamerun sudah kebobolan 18 gol dari 10 laga pertama, kalah enam kali dan empat kali menang.

Tidak hanya kebobolan banyak gol, performanya disorot karena Onana acapkali melakukan kesalahan dalam menjaga gawangnya, baik itu dari penempatan posisi atau refleks yang tidak lebih dari pendahulunya, David De Gea.

Perbandingan pun tak terhindarkan. De Gea kebobolan 10 gol dari 10 laga pertamanya, enam kali menang dan empat kali imbang. Kontrak De Gea, yang sudah membela Man United sejak 2011, tidak diperpanjang hingga ia pergi pada musim panas lalu.

Baca Juga:

Marcus Rashford Harus Berkembang atau Dicap sebagai Masalah Manchester United

Manchester United Bak Menjadi Kuburan bagi Pemain dan Pelatih

Bikin Casemiro Mati Kutu, Galatasaray Lebih Mudah Bungkam Manchester United

Man United kemudian merekrut Onana dari Inter Milan sebesar 50 juta euro lebih. Ia direkrut karena pernah bekerja dengan Erik ten Hag di Ajax Amsterdam, selain itu juga, Onana punya kemampuan membangun serangan dari belakang.

Itu dinilai ideal dengan filosofi sepak bola yang coba diterapkan Ten Hag, tetapi sejauh ini kemampuannya dalam menjaga gawang, yang merupakan tugas utama kiper, justru menjadi pertanyaan.

Pandit sepak bola, Chris Sutton, tidak menahan ucapannya ketika mengkritik Onana bukan peningkatan dari De Gea, ia justru downgrade (penurunan versi).

"Saya pikir dia downgrade dari De Gea. Sungguh. Saya sudah cukup sering melihatnya. Apakah dia lebih baik daripada De Gea dalam hal kakinya? Mungkin, hanya sedikit," cetus Sutton dikutip dari Dailymail.

"Tetapi saya lebih tertarik padanya menjaga bola tetap di belakang gawang dan saya pikir dia membuat banyak kesalahan musim ini. Banyak kesalahan kiper."

"Anda melihat pertandingan melawan Bayern Munchen, beberapa kesalahan, dan bahkan pertandingan minggu ini (melawan Galatasaray) saat saya pikir pada gol ketiga, dia terjatuh begitu cepat."

Sutton pun menilai bukan tidak mungkin Man United mencari kiper baru, potensi pengganti Onana jika performanya tak segera membaik. Sutton yakin Onana tidak lebih baik dari De Gea.

"Saya tidak begitu yakin tentang dia. Saya pikir Manchester United akan melakukan perubahan. Saya tidak mengatakan musim ini tapi saya pikir di akhir musim mereka perlu meningkatkan Onana," tambah Sutton.

"Saya pikir saya sudah cukup melihatnya untuk berpikir bahwa, tahukah Anda, dengan dasar-dasar penjaga gawang yang sebenarnya, menjaga bola agar tidak masuk gawang, saya tidak melihatnya berada di dekat De Gea dalam hal itu."

"Jadi saya pikir Manchester United, kami memahami mengapa Onana masuk karena dia bagus dalam menggunakan kakinya dan saya tahu dia membuat kesalahan besar minggu ini melawan Galatasaray dengan memberikan bola kepada Casemiro – dia melakukan kesalahan yang sangat buruk."

"Itu bisa terjadi. Tapi saya lebih khawatir mengawasinya minggu demi minggu. Menurut saya dia tidak memegang komando. Menurut saya caranya menghentikan tembakkan tidak bagus. Dan bukan itu yang dibutuhkan Manchester United saat ini."

"Saya pikir dia downgrade dari De Gea dan itu merupakan kekhawatiran besar. Saya pikir sebagian besar penggemar Manchester United akan setuju dengan saya," pungkas Sutton.

Andre Onana David De Gea Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.178

Bagikan