Andre Onana Belum Tentu Sebagus David De Gea di Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 19 Juli 2023
Andre Onana Belum Tentu Sebagus David De Gea di Manchester United
Andre Onana (Twitter)

BolaSkor.com - Gawang Manchester United tidak akan lagi dijaga oleh David De Gea pada musim 2023-2024. Kiper asal Spanyol yang sudah menjadi kiper Red Devils sejak 2011 telah pergi meninggalkan klub, setelah kontraknya habis pada akhir Juni lalu.

Man United sudah menyiapkan penggantinya. Tim besutan Erik ten Hag mendatangkan Andre Onana dari Inter Milan sebesar 55 juta euro. Penjaga gawang berpaspor Kamerun dikontrak hingga 2028 dengan opsi perpanjang setahun di akhir kontrak.

Kedatangan Onana tak lepas dari faktor keinginan Erik ten Hag yang pernah melatihnya di Ajax Amsterdam. Selain itu juga, Onana memiliki kemampuan yang dibutuhkan Ten Hag dalam menunjang filosofi permainannya, yakni membangun serangan dari belakang.

Musim lalu, Onana mencatatkan 19 clean sheets dari 41 laga di seluruh kompetisi bersama Inter, membantu klub juara Coppa Italia dan Piala Super Italia serta membawa Il Nerazzurri ke final Liga Champions.

Baca Juga:

Pamitan dengan Inter Milan, Andre Onana Bertolak ke Manchester United

Harry Kane Sulit Digapai, Manchester United Punya Alternatif Lebih Terjangkau

Andre Onana 99,9 Persen Menuju Manchester United

Onana juga punya kualitas 'standar' kiper dalam menjaga gawang, tidak sekedar membangun serangan dari belakang. Akan tapi menurut legenda Man United, Dwight Yorke, penampilan Onana belum tentu sebagus De Gea terutamanya dengan tekanan membela klub sekaliber Man United.

Yorke menilai De Gea memang banyak melakukan kesalahan dan blunder di Man United, tetapi seringkali ia juga tampil heroik dan memberikan poin berharga untuk klub, plus musim lalu ia memenangi penghargaan Sarung Tangan Emas (Kiper Terbaik) Premier League.

"Situasi David de Gea sedikit tidak dihormati dari sisi Man United tetapi mereka juga memiliki hak untuk melakukannya. Man United harus berhati-hati dengan apa yang mereka inginkan. Anda tidak memenangkan Sarung Tangan Emas jika Anda bukan penjaga gawang yang baik," papar Yorke dikutip dari Goal.

"Saya tahu dia membuat kesalahan dan beberapa di antaranya pada saat-saat genting, tapi siapa yang tidak melakukannya? Saya tidak berpikir kiper yang diinginkan Man United sebagus De Gea, jadi mereka harus berhati-hati dengan apa yang mereka lakukan."

"Dean Henderson mungkin diberi kesempatan selagi De Gea masih ada, tapi pergantian kiper bisa kembali jadi masalah Man United. Ini risiko yang lebih besar untuk mendatangkan salah satu penjaga gawang yang dilihat Man United daripada bertahan dengan De Gea."

"Di luar Thibaut Courtois dan beberapa lainnya, tidak ada penjaga gawang kelas dunia yang layak dan bahkan mereka bisa membuat kesalahan," urai Yorke.

David De Gea Andre Onana Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan