Alasan Mengapa Lionel Messi dan Neymar Tak Berhasil di PSG

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 06 September 2023
Alasan Mengapa Lionel Messi dan Neymar Tak Berhasil di PSG
Neymar dan Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2023-2024 menandai era baru di Paris Saint-Germain (PSG) bersama pelatih anyar mereka, Luis Enrique. Tidak ada lagi Lionel Messi dan Neymar di dalam skuad, menyisakan Kylian Mbappe sebagai bintang besar.

Neymar pindah ke Arab Saudi dan bergabung dengan Al Hilal setelah enam tahun membela PSG, sedangkan Messi ke Inter Miami setelah dua tahun bermain dengan PSG.

Keduanya pergi dengan memenangi trofi bersama PSG, seperti Ligue 1 atau turnamen lokal, tetapi mereka gagal mewujudkan ambisi besar klub untuk memenangi Liga Champions. Terlebih, potensi mereka tidak maksimal saat membela PSG.

Alhasil, fans melihat kurangnya komitmen dari Neymar dan Messi meski digaji besar PSG hingga meminta mereka hengkang. Pro dan kontra berdatangan, ada yang menyalahkan mereka ada juga sebaliknya.

Baca Juga:

Ungkapan Penyesalan Lionel Messi saat Gabung PSG

Gagal Bersinar dengan PSG, Neymar dan Lionel Messi Disebut Cengeng

Jawaban Mauricio Pochettino Terkait Rumor Chelsea Incar Kylian Mbappe

Leonardo, mantan Direktur Olahraga PSG, turut memberikan pendapatnya mengenai alasan Neymar dan Messi gagal bersinar dengan PSG. Menurutnya, PSG tak bisa memaksimalkan mereka dan memberikan dukungan penuh.

"Para pemain, mereka perlu merasa nyaman. Para pemain ini memerlukan semangat yang baik, mereka perlu merasakan dukungan, mereka perlu diakui," kata Leonardo kepada media asal Brasil, Ge. "Dan pihak yang melakukan hal itu adalah klub, kami, dan para pelatih.

Leonardo juga membantah apabila ego-ego pemain di dalam skuad PSG jadi penyebab sulitnya klub berprestasi di Eropa, atau bermain sebagai satu unit yang solid.

"Pemain-pemain yang mempunyai bakat seperti itu tidaklah rumit. Mereka memecahkan lebih banyak masalah daripada yang mereka ciptakan dan, jika masalah mereka harus diselesaikan, maka selesailah. Mereka juga harus menyediakan diri agar (semangat kemenangan) itu terwujud," urai Leonardo.

PSG Neymar Lionel Messi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.395

Bagikan