Piala Asia U-23 2024

Aji Santoso Ikut Kesal dengan Keputusan Wasit Nasrullo Kabirov

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 17 April 2024
Aji Santoso Ikut Kesal dengan Keputusan Wasit Nasrullo Kabirov
Wasit Nasrullo Kabirov. (AFC)

BolaSkor.com - Kepemimpinan kontroversial wasit Nasrullo Kabirov menjadi sorotan saat Timnas Indonesia U-23 takluk 0-2 dari Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Senin (15/4) malam WIB.

Pengadil asal Tajikistan itu dianggap sebagai salah satu biang kerok kekalahan Skuad Garuda Muda pada laga perdana Piala Asia U-23 2024.

Salah satunya adalah penalti yang diberikan kepada tuan rumah pada pengujung babak pertama. Rizky Ridho dianggap mencegah pergerakan Mahdi Salem di kotak terlarang.

Walau terkesan melayangkan sikut ke arah lawan, pemain asal Surabaya itu sama sekali tak mengenainya. Namun, wasit bergeming dengan keputusannya.

Baca Juga:

Ramadhan Sananta Ceritakan Suasana Ruang Ganti Timnas Indonesia U-23 Setelah Dikalahkan Qatar

Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas Indonesia U-23 Lupakan Kekalahan dari Qatar dan Bersiap Hadapi Australia

Shin Tae-yong Geram dengan Wasit Nasrullo Kabirov, Sebut Laga Qatar Vs Timnas U-23 bak Pertunjukan Komedi

Legenda Timnas Indonesia, Aji Santoso ikut buka suara. Menurutnya, aksi yang dilakukan mantan anak asuhnya itu tak layak dihukum dengan penalti.

"Yang pertama Rizky Ridho itu seharusnya tidak pelanggaran, tidak penalti. Karena dia dalam posisi lari mundur ditahan oleh lawan dengan pantatnya lawan, dan lawan itu diving jadi seharusnya itu bukan penalti," ucap Aji.

Tak hanya itu, pelatih asal Malang itu juga menyoroti keputusan Kabirov yang mengusir Ivar Jenner dari lapangan. Jenner menerima kartu kuning kedua saat babak kedua baru dimulai.

Pemain asal klub FC Utrech itu dianggap melakukan pelanggaran kepada Saif Eldeen Hassan. Padahal dari tayang ulang sangat jelas pemain berposisi gelandang itu berusaha menghindari Hassan.

"Kartu merah Ivar Jenner itu juga seharusnya bukan kartu merah. Karena yang pertama itu tidak ada unsur kesengajaan. Dan yang kedua tidak membahayakan lawan," tutur mantan pelatih Persebaya Surabaya itu.

Melihat banyaknya keputusan yang merugikan Aji sepakat dengan keputusan PSSI melayangkan protes kepada AFC. Baginya, itu mencederai semangat fair play dalam permainan sepak bola.

"Sudah tepat PSSI melakukan protes atas kepemimpinan wasit. Kita tahu memang tuan rumah Qatar sering sekali diuntungkan ketika menjadi tuan rumah," tandas Aji. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama)

Timnas u-23 Aji santoso Piala Asia U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan