Piala Asia U-23 2024

Shin Tae-yong Geram dengan Wasit Nasrullo Kabirov, Sebut Laga Qatar Vs Timnas U-23 bak Pertunjukan Komedi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 16 April 2024
Shin Tae-yong Geram dengan Wasit Nasrullo Kabirov, Sebut Laga Qatar Vs Timnas U-23 bak Pertunjukan Komedi
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, saat menghadiri konferensi pers usai laga kontra Qatar U-23. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, geram dengan kinerja wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 kontra Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4) malam WIB.

Wasit asal Tajikistan tersebut membuat sejumlah keputusan kontroversial yang merugikan Timnas Indonesia. Misalnya, saat memberikan Qatar U-23 penalti di akhir babak pertama.

Dalam tayangan ulang terlihat Rizky Ridho tidak ada intensi melakukan handball. Gerakan tangan yang dilakukan Ridho seharusnya dianggap sebagai refleks, bukan sebuah inisiatif.

Lalu, kartu merah Ivar Jenner pada menit 46 juga menjadi sorotan. Ivar dinilai melanggar bek Qatar, Saifeldeen Hassan Fadlalla.

Padahal, dalam tayangan ulang, kaki Ivar tak mengenai Saif yang sedang terjatuh usai melakukan tekel. Pemain Jong Utrecht itu melompat dan tak menyentuh sama sekali kaki Saif.

Baca Juga:

Kontroversi Wasit Nasrullo Kabirov Bikin Exco PSSI Geram

Kontroversi Wasit Nasrullo Kabirov di Laga Timnas Indonesia U-23 Melawan Qatar

Keputusan Nasrullo lainnya yang membuat kubu Timnas Indonesia U-23 geram adalah saat dia tidak memberikan kartu merah pada Saif yang melakukan pelanggaran keras terhadap Witan Sulaeman. Saif yang melakukan tekel dua kaki dari belakang hanya diberi kartu kuning.

“Tentu saja dalam pertandingan Anda bisa menang, bisa kalah. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Qatar," kata Shin Tae-yong.

“Pemain kami bersiap dengan baik untuk laga ini, tetapi banyak keputusan wasit sepanjang pertandingan yang kalau Anda lihat, tak butuh saya komentari. Ini pertunjukan 'komedi'!" tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong menilai, sebagai tuan rumah, dirinya tidak merasa heran kalau Qatar U-23 mendapatkan sejumlah keuntungan. Namun, menurutnya, apa yang dilakukan Nasrullo terlalu berlebihan.

Tuan rumah Qatar U-23 pun mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0. Dua gol tim asuhan Ilidio Vale itu dilesakkan oleh Khalid Ali Sabah (45+1' penalti) dan Ahmed Al-Rawi (54').

“Tentu saja, ada keuntungan sebagai tuan rumah. Tapi hari ini terlalu banyak. Saya tidak bisa berkata-kata. Sepak bola tak boleh dimainkan seperti ini di level AFC,” tandasnya.

“Saya tidak bisa mengatakan apa pun tentang pemain yang kena kartu merah, saya kehabisan kata-kata. Sepak bola tidak seharusnya dimainkan seperti ini. Kartu merah pertama kami, tidak ada kontak sama sekali. Mengapa mereka tidak memakai VAR dalam situasi seperti ini?" ujar Shin Tae-yong.

Timnas indonesia u-23 Qatar Timnas qatar Shin Tae-yong Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.464

Bagikan