8 Fakta Menarik Jelang Derby Manchester di Final Piala FA

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 02 Juni 2023
8 Fakta Menarik Jelang Derby Manchester di Final Piala FA
Trofi Piala FA (thefa.com)

BolaSkor.com - Derby Manchester akan tersaji pada final Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (3/6) malam WIB. Menchester United dan Manchester City akan saling jegal demi trofi dan gengsi.

Melihat performa sepanjang musim, City tentu di atas kertas lebih dijagokan. Bahkan City digadang-gadang akan meraih tiga trofi sekaligus musim ini alias treble.

Berikut lima fakta menarik jelang final Piala FA antara Manchester United melawan Manchester City seperti dilansir situs resmi FA.

Baca juga:

Panaskan Rumor Kane, Ten Hag Konfirmasi Rashford Butuh Pendamping di Lini Depan

Erik ten Hag Bicara Nasib Masa Depan David De Gea dan Harry Maguire

Rekrutan Pertama Manchester United adalah Pesaing David De Gea

1. Derby Manchester Pertama di Final Kompetisi Utama

Percaya atau tidak, ini akan menjadi duel pertama Manchester City dan Manchester United di final kompetisi utama. Kedua tim kerap berhadapan di Premier League atau di fase penyisihan Piala FA maupun Piala Liga.

Di ajang Piala FA, kedua tim terakhir bersua pada Januari 2012. Kala itu, MU menang 3-2 atas City di putaran ketiga.

2. Berpeluang Raih Trofi Kedua

Manchester City dan Manchester United sama-sama berpeluang meraih trofi kedua musim ini jika memenangkan laga final Piala FA. United sebelumnya juara Piala Liga usai mengalahkan Newcastle United, Februari lalu.

City baru saja memastikan diri sebagai juara Premier League. Pasukan Pep Guardiola bahkan punya kesempatan meraih treble jika memenangkan final Piala FA ini, lalu Liga Champions kontra Inter Milan pekan depan.

3. Duel Ketiga di Stadion Wembley

Final Piala FA kali ini akan menjadi duel ketiga Manchester City dan Manchester United di Stadion Wembley.

Dua pertemuan sebelumnya terjadi pada 2011. Pertama, Manchester City menang 1-0 di semifinal Piala FA. Kedua, United menang 3-2 di Community Shield.

4. Final Piala FA ke-12 Manchester City

Bagi Manchester City, ini merupakan final ke-12 di final Piala FA. Dari 11 penampilan terakhir, City mampu enam kali menang. Terakhir mereka menang 6-0 atas Watford pada 2019.

5. Final Piala FA ke-21 Manchester United

Sedangkan bagi United, ini akan menjadi final Piala FA ke-21. Dari 21 kali tampil, United 12 kali pulang membawa trofi. Setan Merah bersama Arsenal merupakan klub yang paling sering tampil di final Piala FA.

6. City Clean Sheet

City belum pernah kebobolan sepanjang Piala FA musim ini. Sejak musim 1888-89, hanya dua klub yang berhasil menjadi juara Piala FA tanpa kemasukan gol, Preston North End pada 1889 dan Bury 1903.

7. Produktivitas Gol Man City

City ke final dengan koleksi 17 gol. Klub terakhir yang mencetak lebih banyak gol adalah Manchester City dengan 26 gol pada 2019. Saat itu City keluar sebagai juara.

8. Pelatih Belanda Keempat

Erik ten Hag merupakan pelatih asal Belanda keempat yang membaca tim asuhannya tampil di final Piala FA. Ten Hag mengikuti jejak Ruud Gullit, Guus Hiddink, dan Louis van Gaal.

Piala FA Manchester United Manchester City Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.755

Bagikan