7 Hal yang Perlu Diketahui dari Dominik Szoboszlai, Rekrutan Baru Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Senin, 03 Juli 2023
7 Hal yang Perlu Diketahui dari Dominik Szoboszlai, Rekrutan Baru Liverpool
Dominik Szoboszlai (Laman Resmi Liverpool)

BolaSkor.com - Peremajaan skuad mulai dilakukan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2023. Usai memboyong Alexis Mac Allister (24 tahun), The Reds arahan Jurgen Klopp sukses memboyong Dominik Szoboszlai (22 tahun).

Keduanya berposisi sebagai gelandang. Mac Allister datang dari Brighton & Hove Albion sebesar 42 juta euro, lalu Szoboszlai diboyong senilai 70 juta euro dari RB Leipzig. Liverpool menebus klausul pembelian kedua pemain tersebut.

Melalui laman resminya, Liverpool mengenalkan Szoboszlai yang dikontrak selama lima tahun dan mengenakan nomor punggung legendaris 8, yang pernah dikenakan oleh legenda klub, Steven Gerrard.

Baca Juga:

Giliran Roberto Firmino Menuju Arab Saudi

Dekati 200 Caps, Cristiano Ronaldo Belum Menyerah Kejar Mimpi dengan Timnas Portugal

Status Transfer Gabri Veiga ke Liverpool Masih Sebatas Ketertarikan

Menilik situs resmi Liverpool, berikut tujuh hal yang perlu diketahui mengenai Dominik Szoboszlai:

1. Darah Sepak Bola

Ayah Szoboszlai, Zsolt, merupakan mantan pemain profesional dan kemudian menjadi pelatih tim muda di Hungaria, plus secara personal melatih kemampuan sepak bola anaknya sejak usia tiga tahun.

"Dia akan terus melatih saya setiap kali sesi latihan tim selesai," kenang Szoboszlai mengenai latihan personal bersama ayahnya.

"Kecuali selama satu tahun, dia adalah pelatih saya sampai saya bergabung dengan Akademi Red Bull. Dia dulu dan masih menjadi inspirasi dan idola besar bagi saya."

"Ayah saya adalah faktor kunci dalam perkembangan saya. (Jumlah) jam yang dia habiskan untuk berlatih dan menasihati saya tidak mungkin untuk dilupakan."

2. Pemain Ketiga Kelahiran Hungaria di Liverpool

Ada tiga pemain (termasuk Szoboszlai) dari Hungaria yang pernah bermain di lapangan pertandingan untuk tim utama Liverpool. Pemain pertama adalah Istvan Kozma, yang direkrut pada Februari 1992 dan tampil di 10 penampilan pada seluruh kompetisi di tujuh bulan mendatang.

Kozma pergi dari Anfield pada musim panas 1993. Kemudian Adam Bogdan datang gratisan (free agent) pada 2015, bermain enam kali pada musim debutnya di Liverpool. Pasca dipinjamkan ke bebrapa klub, Bogdan pergi pada 2019.

Di antara waktu tersebut ada juga Peter Gulacsi, kompatriot Szoboszlai di Hungaria dan juga eks rekan setim di Leipzig, yang menghabiskan lima tahun di Liverpool dan ada di bangku cadangan selama 51 kali (tanpa pernah bermain di laga kompetitif).

Nama-nama seperti Krisztian Adorjan, Krisztian Nemeth, Kristof Polgar, Patrik Poor, dan Andras Simon juga pernah jadi bagian akademi Liverpool di beberapa tahun terakhir.

3. Pengalaman Memenangi Trofi

Szoboszlai membantu RB Salzburg memenangi liga dan turnamen lokal pada 2018-2019 dan 2019-2020, dengan performa hebatnya di musim kedua dari musim tersebut menjadikan Szoboszlai sebagai Pemain Terbaik Austrian Bundesliga.

'Hobi' memenangi trofi itu berlanjut kala ia pindah ke Leipzig pada Januari 2021, dengan kesuksesan Leipzig memenangi DFB pokal dalam dua musim terakhir.

4. Kapten timnas Hungaria di Usia 22 Tahun

Szoboszlai ditunjuk jadi kapten timnas Hungaria pada November 2022, setelah dipilih oleh rekan setimnya sekaligus oleh sang pelatih Marco Rossi.

Dua tahun sebelumnya, Szoboszlai memperlihatkan momen fantastis ketika pada menit 92 mencetak gol penentu kemenangan, ketika Hungaria tertinggal satu gol saat melawan Islandia dan lolos ke Piala Eropa 2020. Sayangnya, saat itu Szoboszlai tak bisa bermain di turnamen karena cedera.

5. Kemampuan Lengkap

Data dari Opta memperlihatkan apabila Szoboszlai dapat memengaruhi lini tengah Liverpool dengan kemampuannya. Sebagai tambahan dengan gol dan assist, Szoboszlai jadi pemain terdepan untuk Leipzig untuk keterlibatan dalam permainan terbuka berujung peluang dari tendangan di Bundesliga musim lalu.

Contohnya, dengan 163 keterlibatan untuk 49 tendangan, 48 kali menciptakan peluang, dan 66 build up (membangun serangan) berujung peluang dari endangan. Total itu tertinggi terempat di Bundesliga.

Szoboszlai juga menempati urutan teratas di Bundesliga untuk penciptaan peluang kedua (41 kali), kedua untuk operan permainan terbuka yang diterima di pertahanan lawan (850 kali), kelima di antara pemain ofensif kala mendribel bola (384 kali), dan enam secara menyeluruh untuk perputaran balik di pertahanan lawan (39 kali).

6. Naluri Mencetak Gol

Dengan posisinya sebagai gelandang serang, Szoboszlai tak hanya punya visi bermain, operan, dan kualitas teknik, tetapi juga memiliki naluri mencetak gol. Szoboszlai telah mencetak setidaknya sembilan gol di seluruh kompetisi di tiap enam musim terakhirnya sebagai pemain.

Dalam periode tersebut Szoboszlai konsisten mencetak gol untuk Liefering dan Salzburg di Austria, lalu dengan Leipzig di Jerman. Catatan itu berlanjut meski pada musim 20202-2021 ia sempat cedera.

Catatannya: 10 gol (2017-2018), 11 gol (2018-2019), 12 gol (2019-2020), 9 gol (2020-2021), 10 gol (2021-2022), dan 10 gol (2022-2023). Delapan dari gol itu diciptakan di Liga Champions dengan Salzburg dan Leipzig. Sementara di timnas ia mencetak tujuh gol dari 32 laga.

7. Pernah Bermain di Anfield

Szoboszlai kini akan lebih sering bermain di Anfield di depan dukungan fanatik fans. Sebelum itu, ia pernah merasakannya untuk kali pertama pada empat tahun lalu, ketika ia jadi pemain Salzburg melawan Liverpool di fase grup pada 2019-2020.

Szoboszlai bermain 71 menit di pertemuan pertama dari kedua laga itu dan Liverpool menang dramatis 4-3. Pertemuan teranyar, saat Leipzig menjamu Liverpool pada laga uji coba pramusim di musim panas lalu.

Trivia Sepak Bola Sosok Dominik Szoboszlai Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.229

Bagikan