5 Pekerjaan Rumah yang Harus Dilakukan Direktur Teknik Baru Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Senin, 22 April 2024
5 Pekerjaan Rumah yang Harus Dilakukan Direktur Teknik Baru Manchester United
Jason Wilcox menonton laga Manchester United bersama direksi (Twitter)

BolaSkor.com - INEOS selaku perusahaan pemilik baru Manchester United, Sir Jim Ratcliffe, telah memulai proses revolusi klub yang terakhir memenangi titel Premier League pada 2013 tersebut. Perombakkan itu terjadi pada manajemen.

Omar Berrada datang sebagai CEO baru setelah mengabdi kepada Manchester City sebelumnya. Menyusul kedatangan Berrada adalah Jason Wilcox, yang akan bekerja sebagai Direktur Teknik, setelah sebelumnya bekerja di Southampton.

Wilcox juga pernah bekerja di akademi Man City. Man United juga masih membidik Dan Ashworth untuk bekerja sebagai Direktur Olahraga, tetapi tidak mudah merekrutnya karena ia masih terikat kontrak dengan Newcastle United.

Baca Juga:

Piala FA: Bermain seperti Tim Championship, Manchester United Beruntung Lolos ke Final

Man United 3-3 Coventry City (Penalti 4-2): Derby Manchester di Final Piala FA

Tolak Bayern Munchen, Zinedine Zidane Maunya Latih Manchester United

Perubahan manajemen itu diharapkan dapat membangkitkan Man United. Tugas atau pekerjaan rumah sudah dihadapkan pada Wilcox untuk segera diselesaikan, terutamanya dalam waktu dekat pada musim panas 2024. Apa saja pekerjaan utama tersebut?

1. Masa Depan Erik ten Hag

Wilcox berpotensi menentukan masa depan pelatih asal Belanda tersebut, sebab Ashworth belum sepenuhnya bekerja. Direksi juga akan turut dilibatkan dalam pembicaraan soal Erik ten Hag yang telah melatih Man United sejak 2022.

Performa Man United di musim keduanya melatih naik turun, berujung dengan kesulitan masuk empat besar Premier League, serta berpotensi mengakhiri musim tanpa trofi.

Faktor lain, semisal badai cedera pemain, turut memengaruhi performa tim. Akan tapi, pada akhirnya Ten Hag sebagai pelatih menjadi sorotan utama, dan memutuskan masa depannya akan jadi prioritas manajemen.

2. Meningkatkan Dana Belanja Pemain

Tanpa Liga Champions musim depan, yang artinya juga kehilangan pemasukan sebesar 50 juta poundsterling, Man United butuh uang tambahan untuk membangun skuad.

Cara paling efektif dan berpotensi terjadi, untuk jangka pendek, adalah menjual pemain-pemain dalam skuad dengan dana besar, namun tanpa kehilangan kekuatan di dalam tim khususnya dari sisi kedalaman skuad.

Nama-nama seperti Amad Diallo, Christian Eriksen, Casemiro, Antony, dan Scott McTominay dapat dijual pada musim panas 2024 bersama pemain yang dipinjamkan ke klub lain semisal Donny van de Beek, Facundo Pellistri, Brandon Williams, dan Hannibal Mejbri.

Menghasilkan sampai atau lebih dari 100 juta poundsterling, dapat membuat Man United bisa belanja pemain hingga 400 juta poundsterling untuk ke depannya, dengan mempertimbangkan aturan Keuntungan dan Kestabilan (PSR).

3. Menyelesaikan Masalah Jadon Sancho

Jadon Sancho membantu Borussia Dortmund mencapai semifinal Liga Champions musim ini, dengan statusnya sebagai pemain pinjaman. Sancho masih muda, berkualitas, dan dapat mengembangkan talentanya.

Dikabarkan Sancho bersedia kembali ke Man United jika Ten Hag dipecat. Namun, Wilcox dapat menggunakan koneksinya untuk menyelesaikan masalah pemain asal Inggris tersebut.

Wilcox memberi Sancho debut di tim muda Man City pada usia 15 tahun, kala ia mencetak dua gol dalam kurun waktu lima menit. Wilcox dapat membawanya kembali ke Man United atau menjualnya dengan harga besar.

4. Pembelian yang Efektif

Problematika Man United dari tahun ke tahun, khususnya setelah Sir Alex Ferguson, adalah rekrutmen yang tidak tepat sasaran. Baik itu pembelian pemain yang seyogyanya tak dibutuhkan tim, atau merekrut pemain dengan banderol besar tapi kontribusi yang diberikan tak sesuai dengannya.

Masalah itu harus segera diselesaikan Wilcox. Terutamanya dalam merekrut pemain untuk investasi jangka panjang pada beberapa area semisal gelandang bertahan, bek tengah, dan juga lini depan.

5. Urusan Mason Greenwood

Seperti halnya Sancho, Mason Greenwood adalah isu yang harus segera diselesaikan Wilcox. Ia saat ini dipinjamkan ke Getafe dan bermain bagus: memperlihatkan talenta, kualitas sebagai penyerang pada posisi sayap, serta naluri mencetak gol.

Greenwood, apabila dijual, akan menghasilkan uang besar bagi Man United karena ia masih laris manis dibidik klub Eropa. Kembali ke Man United tidak akan mudah, mengingat stigma publik kepadanya setelah kasus kekerasannya pada sang kekasih.

Trivia Sepak Bola Manchester United Jason Wilcox
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.229

Bagikan