5 Hal yang Perlu Diketahui dari Vitor Roque, Wonderkid Brasil Milik Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 14 Juli 2023
5 Hal yang Perlu Diketahui dari Vitor Roque, Wonderkid Brasil Milik Barcelona
Vitor Roque (Laman Resmi Barcelona)

BolaSkor.com - FC Barcelona bergerak di bursa transfer musim panas 2023 tidak hanya dengan fokus menatap musim 2023-2024, tetapi juga memikirkan investasi untuk jangka panjang. Satu talenta pun telah diamankan Barcelona.

Menyusul keberhasilan Barcelona memboyong Ilkay Gundogan dan Inigo Martinez secara gratis, karena kontraknya habis dengan klub sebelumnya, adalah penyerang asal Brasil berusia 18 tahun, Vitor Roque.

Pemain bernama lengkap Vitor Hugo Roque Ferreira direkrut dari Athletico Paranaense sebesar 30 juta euro, 26 juta euro bonus, dan 5 juta euro terkait klausul Ballon d'Or. Barcelona mengontraknya hingga 2031 dan menyematkan klausul pembelian 500 juta euro.

Baca Juga:

Maaf Barcelona, Arda Guler Lebih Pilih Hengkang ke Real Madrid

7 Rekrutan Termahal Real Madrid

5 Hal Menarik yang Belum Banyak Diketahui soal Inigo Martinez, Bek Baru Barcelona

Roque tidak akan langsung bergabung dengan tim arahan Xavi Hernandez, melainkan pada musim 2024-2025 dan diprediksi ia datang ke Barcelona pada Januari 2024. Posisi bermainnya adalah sebagai penyerang.

Menilik informasi yang diterima LaLiga, berikut sejumlah hal menarik yang perlu diketahui mengenai Vitor Roque:

1. Dipuji Pelatih Legendaris Asal Brasil

"Dia (Roque) punya ruang besar untuk berkembang. Dia tampil hebat di final Copa Libertadores pada usia 17 tahun. Dia sudah merasakan pengalaman ketika ia jadi bagian kunci. Dia sangat fokus, seimbang dan pendengar yang baik."

Pujian itu dituturkan oleh mantan pelatih Paranaense, Luiz Felipe Scolari, yang juga pernah memenangi Piala Dunia 2002 dengan timnas Brasil. Itu sudah diucapkannya sebelum Roque pindah ke Barcelona dan hal tersebut menggambarkan bakat yang dimilikinya.

2. Berpengalaman dengan Timnas Brasil

Meski baru berusia 18 tahun, Roque sudah memiliki caps pertamanya dengan timnas senior Brasil. Debutnya terjadi pada 3 Maret melawan tim kejutan di Piala Dunia 2022, timnas Maroko.

Roque bermain selama 25 menit pada laga uji coba, cukup menjadikannya debutan termuda di timnas Brasil pada usia 18 tahun 25 hari, sejak terakhir tercatat atas nama Ronaldo Nazario (18 tahun dan 17 hari) pada 1994.

3. Pemain Termuda dalam Skuad Barcelona

Pada skuad terkini Barcelona ada lima pemain di bawah usia 21 tahun (U-21), meski begitu, Roque datang sebagai pendatang baru. Lahir pada 28 Februari 2005 di Timoteo, Minas Gerais, Roque enam bulan lebih muda ketimbang Gavi yang lahir pada Agustus 2004.

Roque baru berusia dua tahun ketika Robert Lewandowski, penyerang Barcelona yang juga pemain tertua tim, membuat debut profesionalnya. Dia juga jadi pemain Brasil pertama yang gabung Barcelona sejak 2019.

Klub asal Katalunya punya 46 pemain Brasil dalam sejarah klub, tapi hanya 16 yang datang langsung dari Brasil. Terakhir pemain tersebut adalah Emerson Royal, yang datang dari Atletico Mineiro pada 2019, meski ia tak pernah bermain semusim penuh di Barcelona.

4. Teman bagi Talenta Real Madrid, Endrick

Ketika berbicara 'kolektor' talenta dari Brasil, Real Madrid salah satu yang paling sering menggunakan servis pemain Negeri Samba. Saat ini ada Vinicius Junior, Rodrygo Goes, Eder Militao, dan rekrutan teranyar Endrick.

Barcelona cukup beruntung mengamankan servis Roque, sebab Madrid juga membidiknya. Roque dan Endrick merupakan talenta dengan prospek masa depan cerah, kini keduanya akan saling bersaing di El Clasico.

Klub keduanya merupakan rival tetapi Roque dan Endrick bersahabat. Itu dituturkan langsung oleh Roque.

"Kami selalu berbicara di media sosial. Dia (Endrick) adalah anak yang luar biasa, dia memiliki banyak potensi. Kami adalah dua talenta muda. Dia adalah pemain yang hebat, dan juga orang yang hebat. Saya harap kami dapat memiliki yang terbaik masa depan bersama," papar Roque soal Endrick.

5. Ramai Dibahas Media Internasional

Sejak potensinya bermain di sepak bola Eropa terbuka, Roque menerima banyak pujian dari media yang membahas perkembangan pesatnya juga dengan bakat besarnya.

Contohnya media Spanyol, Mundo Deportivo, yang baru-baru ini menuturkan "Talenta-talenta dari Brasil akan mendominasi masa depan dan Vitor Roque salah satunya. Ada juga The Athletic yang menilai Vitor sebagai salah satu pemain terbaik sejak Ronaldo.

Vitor Roque Barcelona FC Barcelona Sosok Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.299

Bagikan