5 Hal yang Perlu Diketahui dari Sparta Praha, Lawan Liverpool di 16 Besar Liga Europa

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 06 Maret 2024
5 Hal yang Perlu Diketahui dari Sparta Praha, Lawan Liverpool di 16 Besar Liga Europa
Sparta Praha (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool akan memulai perjalanan 16 besar Liga Europa melawan klub Republik Ceko, Sparta Praha. Pertandingan leg pertama nanti akan dihelat pada Jumat (08/03) pukul 00.45 dini hari WIB di Epet Arena.

Liga Europa jadi salah satu turnamen yang ingin dimenangi Liverpool dalam misi quadruple (empat) trofi musim ini. Anak-anak asuh Jurgen Klopp telah memenangi Piala Liga dan masih bertarung di Liga Europa, Premier League, dan Piala FA.

Tidak mudah bagi Liverpool untuk memenangi Liga Europa. Apabila dapat melewati hadangan Sparta Praha, masih ada tim-tim seperti AC Milan, Bayer Leverkusen (yang belum pernah kalah musim ini), AS Roma, dan Olympique Marseille yang dapat dihadapi Liverpool.

Baca Juga:

Menilik 7 Bintang Muda yang Menjadi Warisan Jurgen Klopp di Liverpool

Mengenal Jayden Danns, Penyerang Muda Liverpool yang Ogah Hitung Gol

3 Wonderkid Liverpool di 2018, Nasib Mereka Saat Ini

Menjelang pertandingan di Republik Ceko, BolaSkor.com telah merangkum lima hal yang perlu diketahui mengenai klub yang dilatih Brian Priske, Sparta Praha:

1. Catatan Liverpool Lawan Sparta Praha

Mundur hingga musim 2010-2011 untuk melihat pertemuan terakhir Liverpool. Saat itu Liverpool dilatih Sir Kenny Dalglish, bermain di 32 besar Liga Europa dan memainkan leg pertama di Republik Ceko.

Pertandingan berakhir imbang tanpa gol dan parahnya lagi, Luis Suarez dan Steven Gerrard cedera. Leg kedua berlangsung lebih menarik di Anfield dan Liverpool menang melalui gol Dirk Kuyt.

2. Pelatih Sparta Praha

Brian Priske, 46 tahun, sudah melatih Sparta Praha sejak Mei 2022. Priske mantan bek tengah yang menghabiskan kariernya bermain di Skandinavia, tetapi ia juga pernah bermain di Inggris.

Pada musim 2005-2006 Priske bermain dengan Portsmouth, membantu tim selamat dari degradasi. Dia bermain dua kali selama 90 menit melawan Liverpool kalah itu, kebobolan tiga gol dalam dua pertemuan tersebut.

Priske juga tampil sebagai pengganti ketika timnya kalah 1-2 lawan Liverpool Rafael Benitez di Piala FA.

Sebagai pelatih, Priske menghabiskan delapan tahun hingga 2019 sebagai asisten sebelum menjadi pelatih kepala di tim Denmark, Midtjylland. Priske membawa tim juara liga dan tempat di fase grup Liga Champions.

Priske pindah pada 2021 ke Royal Antwerp sebelum pindah ke Praha 12 bulan setelahnya. Priske jadi pelatih asing pertama yang memenangi titel liga di Republik Ceko.

3. Pemain-pemain Top Sparta Praha

Lini serang Praha dipimpin oleh Lukas Haraslin. Pemain berusia 27 tahun berposisi sebagai penyerang sayap kiri, tetapi ia juga ditempatkan sebagai gelandang serang musim ini dengan kemampuannya membaca permainan.

Haraslin dapat mencetak gol dan juga memberikan assists. Ia sudah mencatatkan sembilan gol dari 16 laga liga sejauh ini.

Selain Haraslin, ada juga Jan Kuchta (penyerang) yang bergabung dari Lokomotiv Moscow pada musim panas 2023. Musim debutnya berjalan impresif dengan tujuh gol dan tujuh assists dari 19 pertandingan.

Veljko Birmancevic juga berposisi sebagai penyerang sayap dan memimpin daftar pemberi assists (delapan assists). Di belakang juga ada bek berusia 24 tahun, Ladislav Krejci (kapten tim) dan bek bertalenta, Martin Vitik (21 tahun).

4. Performa Sparta Praha

Pasca memenangi titel liga dengan jarak dua poin musim lalu, Sparta Praha berada di jalur yang tepat untuk mempertahankannya.

Pasca 21 pertandingan (kala berita ini diturunkan) dari total 30 laga, Sparta berada di puncak klasemen dan terpaut empat poin dari rival mereka Slavia Praha.

Sparta hanya sekali kalah tapi di Liga Europa sudah tiga kali kalah, saat melawan Real Betis dan Rangers di fase grup, serta Galatasaray di 32 besar.

5. Stadion Sparta Praha

Sparta memainkan pertandingan mereka di Letna Stadium yang juga dikenal dengan nama Epet Arena.

Stadion berkapasitas 18.887 penonton. Letna juga biasa digunakan sebagai stadion untuk timnas Republik Ceko. Namun, Inggris tak pernah bermain di sana sebelumnya, dengan pertemuan terakhir terjadi pada 2019.

Trivia Sepak Bola Sparta Praha Liga Europa Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.265

Bagikan