5 Fakta Menarik Mengenai Rekrutan Baru Barcelona, Ilkay Gundogan

Arief HadiArief Hadi - Senin, 26 Juni 2023
5 Fakta Menarik Mengenai Rekrutan Baru Barcelona, Ilkay Gundogan
Ilkay Gundogan (Twitter)

BolaSkor.com - Pergerakan cepat dilakukan FC Barcelona setelah ditinggal gelandang asal Spanyol, Sergio Busquets, yang memutuskan tak memperpanjang kontraknya. Blaugrana merekrut pemain timnas Jerman, Ilkay Gundogan.

Barcelona arahan Xavi Hernandez merekrutnya gratis setelah Gundogan tak teken kontrak baru dengan Manchester City. Barcelona menetapkan klausul pembelian sebesar 400 juta euro dan kontrak berdurasi dua tahun (2025) serta opsi perpanjang setahun.

"FC Barcelona dan Ilkay Gundogan telah mencapai kesepakatan agar pemain internasional Jerman itu bergabung dengan Catalan setelah kontraknya dengan Manchester City telah berakhir," demikian pernyataan di situs resmi Barcelona.

"Ia akan bergabung selama dua musim, hingga 30 Juni 2025, dengan opsi bertahan satu tahun lagi. Klausul pembeliannya telah ditetapkan sebesar 400 juta euro."

Baca Juga:

Barcelona Resmi Umumkan Transfer Ilkay Gundogan

Gabung Barcelona, Ilkay Gundogan Berat Pamitan kepada Pep Guardiola

Tidak Sesuai Banderol, West Ham Tolak Tawaran Arsenal untuk Declan Rice

Gundogan sudah menghabiskan waktu dengan Man City selama tujuh tahun dan meraih sukses besar, pergi dengan status legenda usai meraih treble. Menilik informasi dari LaLiga, berikut lima fakta menarik yang perlu diketahui mengenai Ilkay Gundogan:

1. Bangkit dari Kesulitan

Karier Ilkay Gundogan tidak berjalan mulus khususnya ketika itu urusannya dengan cedera. Pun demikian saat masih muda. Gundogan dikenal di Eropa melalui penampilannya dengan Borussia Dortmund, tapi ia tumbuh mendukung rival Dortmund, Schalke, seperti anak-anak lainnya di Gelsenkirchen.

Kala berusia delapan tahun dan masuk akademi Schalke, Gundogan senang tetapi cedera pada engkel kaki membuatnya pergi setelah semusim di Schalke.

“Saya berumur delapan tahun ketika saya menemukan betapa brutalnya bisnis ini. Itu memukul saya dengan keras. Jauh di kemudian hari, saya akan memahaminya. Tapi saat itu rasanya impian saya sudah berakhir dan karier saya sudah tamat," papar Gundogan di The Players' Tribune.

Kariernya jauh dari akhir cerita, sebab setelahnya ia bermain di Bochum, Nurnberg, Dortmund, Manchester City, dan kini memulai lembaran baru bersama Barcelona.

2. Sepupu Sukses sebagai Pevoli

Gundogan bukan satu-satunya atlit profesional di keluarganya. Saudara sepupunya, Naz Aydemir, salah satu pevoli putri terbaik dan memenangi banyak medali dengan timnas Turki. Gundogan sering bepergian bersama keluarganya, yang juga berdarah Turki, untuk melihatnya bermain di kompetisi internasional.

3. Gundogan dan Lewandowski Pernah Main Bersama

Sedekade lalu, Gundogan pernah satu tim dengan penyerang Barcelona, Robert Lewandowski, di Borussia Dortmund. Keduanya memainkan total 77 laga dari medio 2011-2013, memenangi trofi Bundesliga (2011-2012).

Sebagai tambahan trofi, keduanya juga juara DFB Pokal dan Piala Super Jerman. Di Dortmund, keduanya membangun kombinasi 'maut' dengan Lewandowski sebagai ujung tombak dan Gundogan bermain pada posisi gelandang. Kini keduanya dipertemukan kembali di Barcelona.

4. Pencetak Gol Handal

Tugas Gundogan mengontrol lini tengah dan mengatur ritme, baik pada fase bertahan atau ofensif, tetapi berkat bantuan Pep Guardiola, Gundogan mengembangkan permainannya lebih dari gelandang visioner dan pemberi umpan.

Gundogan juga dapat mencetak gol. Itu dibuktikan dengan catatan mencetak setidaknya 10 gol di tiap tiga musim terakhir. Fakta itu terlihat ketika dua golnya ke gawang Manchester United memberikan titel Piala FA kepada Man City, menjaga ambisi treble kala itu.

5. Mengidolakan Xavi Hernandez

Bermimpi ke Barcelona, bereuni dengan Lewandowski, dan bermain di bawah arahan idolanya, Xavi Hernandez. Gundogan mewujudkan mimpi tersebut dan ia menuturkan kekagumannya kepada Xavi, yang juga legenda Barcelona dan berposisi sebagai gelandang.

"Saya mengagumi Xavi, karena dia selalu menjadi panutan saya dan saya selalu melihatnya. Dia adalah seorang master. Saya sangat menikmati perannya dalam tim hebat Barca itu," tutur Gundogan kepada Marca pada 2017.

Trivia Sepak Bola Sosok Ilkay gundogan Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.862

Bagikan