Gabung Barcelona, Ilkay Gundogan Berat Pamitan kepada Pep Guardiola

Arief HadiArief Hadi - Senin, 26 Juni 2023
Gabung Barcelona, Ilkay Gundogan Berat Pamitan kepada Pep Guardiola
Pep Guardiola dan Ilkay Gundogan (Twitter)

BolaSkor.com - Tujuh tahun karier Ilkay Gundogan telah berakhir dengan Manchester City. Pemain berusia 32 tahun tidak memperpanjang kontraknya dan pergi dengan status free agent menuju FC Barcelona.

"Jika saya memang harus pergi, maka hanya ada satu klub di dunia yang masuk akal (untuk diperkuat). Itu adalah Barcelona atau tidak sama sekali. Sejak saya kecil, saya bermimpi mengenakan jersey itu kelak," ucap Gundogan kala menulis di The Players Tribune.

Barcelona juga telah memberikan pengumuman resmi di situs klub. Gundogan dikontrak hingga 2025 dengan opsi perpanjang setahun, plus memiliki klausul pembelian sebesar 400 juta euro. Secara tidak langsung, Gundogan menggantikan Sergio Busquets.

"FC Barcelona dan Ilkay Gundogan telah mencapai kesepakatan agar pemain internasional Jerman itu bergabung dengan Catalan setelah kontraknya dengan Manchester City telah berakhir," tutur pernyataan di situs resmi Barcelona.

Baca Juga:

Barcelona Resmi Umumkan Transfer Ilkay Gundogan

Kabar Transfer Arsenal: Tawaran Kedua untuk Declan Rice Ditolak, Kai Havertz Gabung Pekan Ini

Tidak Sesuai Banderol, West Ham Tolak Tawaran Arsenal untuk Declan Rice

"Ia akan bergabung selama dua musim, hingga 30 Juni 2025, dengan opsi bertahan satu tahun lagi. Klausul pembeliannya telah ditetapkan sebesar 400 juta euro."

Keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak dan pergi dari Man City tidak mudah bagi Gundogan, terutamanya karena klub menyodorkan tawaran kontrak baru. Baginya, Man City dan skuad terkini spesial.

"Hari ini pahit. Berpisah tidak pernah mudah, tetapi lebih sulit dengan tim ini. Ketika saya harus menyampaikan kabar kepada rekan setim bahwa saya akan pergi di obrolan grup kami, saya sangat emosional. Saya akan merindukan mereka semua, jujur," tutur Gundogan.

"Tapi saya senang mengatakan bahwa saya akan pergi dari sini sebagai juara, dan saya tidak memiliki apa-apa selain cinta untuk klub di hati saya."

'Sungguh menakjubkan apa yang kami capai. Lima gelar Premier League dalam tujuh tahun saya di sini. Dua Piala FA. Liga Champions. Treble. Tapi itu hanya trofi. Hal yang paling saya ingat adalah perasaan di dalam skuad, terutama musim ini. Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini di sepak bola."

Di antara mereka yang dihubungi Gundogan, ia mengaku paling berat berpamitan kepada Pep Guardiola, pelatih Man City.

"Salah satu panggilan tersulit yang harus saya lakukan adalah kepada Pep, mengatakan kepadanya bahwa saya akan pergi. Yang bisa saya lakukan hanyalah mengucapkan terima kasih," imbuh Gundogan.

"Bukan hanya untuk musim ini, atau untuk semua trofi, tapi untuk membawa saya ke sini sejak awal. Saya tidak akan pernah lupa ketika lutut saya cedera di akhir musim bersama Dortmund dan saya harus menjalani operasi, saya sangat khawatir City akan menarik diri dari kesepakatan untuk saya."

"Tapi Pep menelepon saya dan berkata, 'Jangan khawatir, itu tidak mengubah apapun. Kami menginginkan Anda di sini. Kami akan menunggu Anda tidak peduli berapa lama'."

Musim lalu, Gundogan memainkan 51 laga dengan torehan 11 gol dan berkontribusi besar atas treble Man City. Total, Gundogan sudah tampil 304 kali dengan catatan 60 gol serta memenangi 12 trofi besar.

Gundogan Ilkay gundogan Barcelona FC Barcelona Manchester Manchester City Guardiola Pep Guardiola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.857

Bagikan