5 Calon Pengganti Thomas Tuchel di Bayern Munchen

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 22 Februari 2024
5 Calon Pengganti Thomas Tuchel di Bayern Munchen
Thomas Tuchel (twitter)

BolaSkor.com - Pergi meninggalkan klub menjadi 'tren' terkini di jajaran pelatih-pelatih klub top Eropa. Seakan mengikuti jejak Jurgen Klopp dan Xavi Hernandez, Thomas Tuchel juga akan pergi di akhir musim 2023-2024.

"Kami sepakat bahwa akan mengakhiri kolaborasi setelah musim ini berakhir," ucap Tuchel baru ini setelah muncul kabar kepergiannya di akhir musim.

"Sampai saat itu tiba, saya dan staf kepelatihan tentu saja akan terus melakukan yang terbaik untuk memastikan kesuksesan maksimal Bayern."

Tuchel menggantikan Julian Nagelsmann di tengah musim 2022-2023 dan mengakhiri musim dengan titel Bundesliga. Namun, perjalanan Bayern musim ini tidak berjalan mulus kendati merekrut nama-nama top seperti Harry Kane, Kim Min-jae, pada musim panas 2023.

Baca juga:

Bayern Munchen Kalah Dua Kali Beruntun, Thomas Tuchel Rawan Dipecat

Hasil Liga Champions: PSG Atasi Real Sociedad, Bayern Munchen Takluk di Italia

Thomas Tuchel Tinggalkan Bayern Munchen, Xabi Alonso dan Antonio Conte Jadi Calon Pengganti

Bayern sudah kalah di Piala Super Jerman, tersingkir dari DFB Pokal, terpaut lima poin dari Bayer Leverkusen di Bundesliga, dan tertinggal agregat gol di 16 besar Liga Champions.

Thomas Tuchel pun akan pergi dan Bayern akan dilatih pelatih baru. Pertanyaannya, siapa saja calon pengganti Tuchel di Bayern?

1. Xabi Alonso

Tiba-tiba muncul sebagai kandidat utama pengganti Tuchel. Membajak pemain terbaik dari tim rival acapkali dilakukan Bayern di masa lalu, maka tak heran apabila Xabi Alonso juga masuk daftar pengganti Tuchel.

Legenda Liverpool dan Real Madrid itu tengah jadi buah bibir di Eropa, dinilai sebagai salah satu pelatih dengan potensi jadi yang terbaik di dunia kelak. Alonso menjadikan Leverkusen pesaing titel Bundesliga dan saat ini belum tersentuh kekalahan di seluruh kompetisi.

Potensi Alonso melatih Bayern cukup terbuka, meski Bayern juga akan mendapatkan persaingan dari Liverpool yang juga menginginkan servisnya.

2. Antonio Conte

Tidak sedang melatih sejak dipecat Tottenham Hotspur pada 2023. Antonio Conte menanti proyek yang tepat sebelum kembali melatih dan juga ada dalam daftar pengganti Tuchel di Bayern.

Conte, 54 tahun, memiliki pengalaman melatih klub-klub top seperti Juventus, Chelsea, dan Inter Milan. Bahkan ia pernah membesut timnas Italia dan mengenal dua mantan anak asuhnya di Tottenham, Harry Kane dan Eric Dier.

Karakter yang dimiliki Conte cocok untuk klub sekaliber Bayern, tetapi, gaya bermainnya yang cenderung pragmatis bisa menyulitkannya datang ke Raksasa Bavaria.

3. Zinedine Zidane

Sejak meninggalkan Real Madrid pada 2021, Zinedine Zidane tidak lagi melatih klub atau timnas. Dua periodenya di Madrid diwarnai kesuksesan, meski faktanya Zidane tak memiliki pengalaman besar melatih klub-klub Eropa.

Nama besarnya sebagai pemain cocok dengan Bayern, tetapi bagi klub merekrutnya bak berjudi. Kabarnya, Zidane juga akan lebih memilih tawaran melatih Juventus (jika ada) ketimbang melatih Bayern.

4. Ole Gunnar Solskjaer

Kabarnya, Bayern memantau legenda Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer untuk jadi pengganti Thomas Tuchel. Solskjaer tidak sedang melatih pasca pergi dari Man United pada 2021 setelah sebelumnya membesut Molde (dua periode) dan Cardiff City.

Solskjaer minim pengalaman melatih seperti Zidane, tetapi menurut Sky Sports namanya ada dalam daftar kandidat pelatih pengganti Tuchel.

"Kabar Solskjaer: Bayern memonitor pria berusia 50 tahun sebagai solusi potensial untuk (pelatih) interim. Tapi, rencana aslinya tetap: FC Bayern akan terus berlanjut dengan Thomas Tuchel setidaknya hingga akhir musim," papar Florian Plettenberg, pewarta dari Sky Sports.

"Bayern dan Solskjaer: tidak ada yang kongkrit pada tahapan ini! Mantan pelatih Man United free agent (tanpa klub) dan siap mengambilalih proyek baru. (Christoph) Freund (Direktur Olahraga Bayern), telah mengikuti Solskjaer selama bertahun-tahun."

5. Hans-Dieter Flick

Kembali ke mantan? Kenapa tidak. Hans-Dieter Flick tak sedang melatih pasca dipecat kala melatih timnas Jerman (2021-2023). Catatannya tercoreng kala melatih timnas, tetapi Flick memiliki rekam jejak manis kala melatih Bayern Munchen (2019-2021).

Terutamanya pada 2020, Flick mempersembahkan treble winners untuk Bayern sekaligus trofi Piala Super Jerman, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Kondisi skuad Bayern berbeda saat ini, tetapi Flick bisa jadi opsi untuk direkrut Bayern sebagai pengganti Tuchel.

Bayern Bayern munchen Trivia Sepak Bola Thomas Tuchel Xabi Alonso Zinedine Zidane
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.146

Bagikan