Liga Champions

4 Pemain Britania Raya yang Juara Liga Champions bersama Klub Luar Inggris

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 08 Mei 2024
4 Pemain Britania Raya yang Juara Liga Champions bersama Klub Luar Inggris

BolaSkor.com - Musim ini pesepak bola Inggris akan memenangkan Liga Champions bersama klub luar negeri untuk kelima kalinya. Jadon Sancho dan Jamie Bynoe-Gittens dari Borussia Dortmund telah mencapai final. Sedangkan Harry Kane dari Bayern Munchen saling sikut dengan Jude Bellingham yang membela Real Madrid.

Melihat ke belakang, ada empat pemain asal Britania Raya yang menjadi juara Liga Champions bersama klub luar Inggris. Dua di antaranya juara bersama raksasa Spanyol Real Madrid.

Berikut empat pemain yang dimaksud.

Baca Juga:

3 Alasan PSG Selalu Gagal Juara Liga Champions

Fakta dan Statistik Menarik dari Keberhasilan Dortmund Tembus Final Liga Champions

Tembus Final Liga Champions, Dortmund Kembali ke Wembley setelah 11 Tahun Lamanya

Paul Lambert (Borusia Dortmund)

Paul Lambert menjadi pemain Inggris pertama yang memenangkan Liga Champions bersama klub asing setelah menjadi bagian dari Borussia Dortmund pada 1997.

Setelah bergabung dengan Dortmund dari Motherwell dengan status bebas transfer pada musim panas sebelumnya, Lambert adalah bagian integral dari perjalanan klub menuju kejayaan Eropa. Setelah membantu menyingkirkan Manchester United di semifinal, Lambert sukses mematikan Zinedine Zidane dalam kemenangan Dortmund di final atas Juventus.

Dia menjadi pencipta gol pembuka Dortmund dan hingga saat ini tetap menjadi satu-satunya pemain Skotlandia yang memenangkan Liga Champions bersama klub non-Inggris.

Lambert hanya menghabiskan satu musim di Dortmund sebelum kembali ke Skotlandia untuk bergabung dengan Celtic, tetapi tetap menjadi favorit fans Die Borussen.


Steve McManaman (Real Madrid)

Real Madrid menaruh hati pada 'El Macca' setelah sang gelandang tiba dari Liverpool dengan status bebas transfer. Pemain Inggris itu menjadi bagian penting dari kejayaan Madrid di Eropa pada 2000 dan 2002.

McManaman mencetak tendangan gunting yang sensasional saat Real Madrid mengalahkan Valencia 3-0 untuk memenangkan final Liga Champions di musim debutnya.

Dua tahun kemudian, sebuah chip di semifinal melawan Barcelona membantu Real Madrid mencapai final, di mana tendangan voli Zinedine Zidane yang menakjubkan membuat Los Blancos kembali meraih mahkota Eropa.

McManaman menjadi orang Inggris pertama yang menjuarai Liga Champions bersama klub luar negeri dan orang pertama yang menjuarai kompetisi tersebut dua kali di era Liga Champions.


Owen Hargreaves (Bayern Munchen)

Owen Hargreaves masuk ke Bayern pada 2000/01, musim yang berakhir dengan kesuksesan Liga Champions.

Pemain berusia 20 tahun itu diturunkan sebagai starter dalam kemenangan atas Valencia di San Siro, saat Bayern menang 5-4 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Hargreaves, yang lahir di Kanada sebelum pindah ke Jerman untuk mengejar karier sepak bola, kemudian menjadi pemain pertama yang melakukan debutnya di tim nasional Inggris meski saat itu belum pernah tinggal di Inggris, pada Agustus 2001.

Dia kemudian mencatat 42 caps untuk Three Lions.


Gareth Bale (Real Madrid)

Gareth Bale adalah pesepak bola Inggris Raya dengan penghargaan terbanyak yang pernah bermain di luar negeri, setelah menjalani masa-masa yang penuh trofi di Real Madrid.

Pemain asal Wales itu menandatangani kontrak dengan Real Madrid dengan rekor transfer dunia senilai 86 juta poundsterling dari Tottenham pada 2013 dan mengakhiri musim pertamanya dengan menjuarai Liga Champions, setelah mencetak gol penentu dalam kemenangan 4-1 atas Atletico Madrid.

Bale kemudian memenangkan trofi Liga Champions lebih lanjut pada 2016, 2017, 2018, dan 2022, meskipun ia hanya menjadi pemain pengganti yang tidak dimainkan pada final terakhir.

Kontribusinya yang paling berkesan datang pada 2018, ketika Bale masuk dari bangku cadangan dan mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 melawan Liverpool, termasuk tendangan salto yang mencengangkan.

Trivia Sepak Bola Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.263

Bagikan