Winger Asal Jepang Nirgol di Dua Laga, Pelatih Persebaya Anggap Wajar

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 11 Juli 2023
Winger Asal Jepang Nirgol di Dua Laga, Pelatih Persebaya Anggap Wajar
Perubahan posisi membuat performa winger Sho Yamamoto belum ciamik dalam dua laga awal Liga 1 2023/2024 bersama Persebaya Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Sho Yamamoto belum menemukan permainan terbaiknya di dua pertandingan awal Persebaya Surabaya musim ini. Penampilan penyerang sayap berpaspor Jepang itu juga selalu digantikan pemain lain pada babak kedua. Alias, tidak tampil hingga 90 menit.

Dua laga sudah dilalui Sho Yamamoto bersama Persebaya. Namun, dia total bermain hanya 126 menit. Berbanding terbalik dengan musim lalu, dengan jumlah laga yang sama, Sho Yamamoto mengumpulkan 190 menit bermain.

Jika pada laga pertama kontra Persis Solo, Sabtu (1/7) lalu, Sho Yamamoto digantikan Kasim Botan pada ke-65, maka pada pertandingan kedua perannya diganti oleh gelandang muda Muhammad Iqbal di menit ke-61.

Tak hanya itu, musim lalu, dia juga membuka kran golnya bersama Bajol Ijo pada laga kedua Liga 1 2022/2023. Sayangnya, pada awal musim ini, Sho Yamamoto terlihat masih kesulitan mencetak gol di laga pertama melawan Persis Solo, padahal tinggal berhadapan dengan gawang kosong.

Baca Juga:

Geram Kinerja Wasit, Persebaya Sudah Kirim Protes ke PSSI

Slot Pemain Asia Tenggara Arema FC Diisi Kiper, Pernah Bela Timnas Thailand

Bahkan, di pertandingan kedua kontra Barito Putera, Sho Yamamoto seperti kehilangan tajinya di depan gawang lawan. Setidaknya ada dua peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol oleh pemain berusia 26 tahun itu. Menurunnya performa Sho Yamamoto tampaknya karena musim ini masih beradaptasi menjalani peran baru.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menggeser posisinya menjadi winger kanan untuk mengakomodir kedatangan Bruno Moreira Soares di sisi kiri. Alhasil, tak banyak aksi yang bisa dilakukan Sho Yamamoto selama menempati posisi sayap kanan Persebaya Padahal, musim lalu ketika menjadi winger kiri, Sho Yamamoto mencatatkan 10 gol dan 10 assist.

"Di lapangan, saya selalu memberikan free role kepada semua pemain. Bisa gantian, Bruno Moreira di sisi kiri, kemudian Sho Yamamoto mengisi sisi kanan," kelit Aji Santoso.

"Kalau ada pemain yang belum menemukan peak performance, saya kira itu masih wajar ya. Karena ini juga baru awal kompetisi. Tim mana yang semua pemainnya sudah mencapai peak di pekan kedua? Saya rasa kok belum ada," tambah mantan pelatih Persela Lamongan dan PSIM Yogyakarta itu.

Pada kesempatan terpisah, Sho Yamamoto mengakui melakukan kesalahan di dua pertandingan awal Persebaya. Dia bertekad tampil lebih baik lagi di laga-laga berikutnya.

"Yang jelas, saya akan bangkit di laga selanjutnya. Tentu saja ada kesalahan yang sempat saya lakukan. Tapi tidak masalah, karena tim sempat menang (lawan Persis Solo)," ujar mantan pemain FK Iskra tersebut.

Lebih lanjut Aji Santoso menegaskan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari Sho Yamamoto. Bahwa ia tidak bisa langsung memesona di game awal, itu tak lantas menjadikan Sho Yamamoto pemain yang buruk. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Sho Yamamoto Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan