Geram Kinerja Wasit, Persebaya Sudah Kirim Protes ke PSSI

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 11 Juli 2023
Geram Kinerja Wasit, Persebaya Sudah Kirim Protes ke PSSI
Wasit berlisensi FIFA Thoriq Munir Alkatiri (tengah) mendapat sorotan saat memimpin laga Persebaya Surabaya melawan Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (8/7) lalu. (BolaSkor.com/Keyzie Za

BolaSkor.com - Thoriq Munir Alkatiri mendapat sorotan usai membuat keputusan kontroversi saat memimpin laga Persebaya Surabaya melawan Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (8/7) lalu. Pertandingan yang berlangsung seru itu dinilai sedikit ternoda dengan kepemimpinan wasit.

Gelombang protes terhadap kinerja wasit di Liga 1 2023/24 terus berdatangan. Protes keras atas kepemimpinan wasit bahkan bermunculan sejak pekan pertama. Tim-tim yang merasa kecewa diantaranya adalah PSM Makassar, Persib Bandung, Persebaya hingga Bali United.

Dari informasi yang dihimpun BolaSkor.com, manajemen Persebaya bahkan telah mengirim surat protes ke PSSI, Minggu (9/7) kemarin. Surat tersebut ditujukan langsung kepada Ketua Komite Wasit sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Kami sudah mengirimkan surat ke Ketua Umum PSSI dan komite wasit terkait permasalahan ini," kata sumber BolaSkor.com yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Baca Juga:

Rahmad Darmawan Merendah Barito Putera Belum Terkalahkan

Liga 1 Diwarnai Kontroversi, Pelatih Madura United Dorong Penggunaan VAR Dipercepat

Sebelumnya, CEO Persebaya Azrul Ananda mengaku akan melayangkan surat resmi terkait ketidakpuasan kinerja wasit saat memimpin laga timnya melawan Laskar Antasari, julukan Barito Putera. "Ini (keluhan) bukan untuk Persebaya. Ini demi kebaikan Liga kita. Semangat Liga dan PSSI sudah luar biasa. Karena beberapa teman-teman di Liga 1 juga ada yang mengeluhkan masih ada kendala-kendala," tegasnya.

"Usai pertandingan, saya berkomunikasi dengan Ketum PSSI dan terima kasih karena sudah responsif terhadap penyampaian dari klub tentang evaluasi wasit. Tadi saya sampaikan, saya minta tolong Pak Erick lakukan evaluasi tentang wasit," tambah Azrul Ananda.

Manajemen tim asal Kota Pahlawan itu merasa kecewa karena keputusan wasit kelahiran Purwakarta, Jawa Barat tersebut sangat mencolok lantaran tidak memberi penalti kepada Persebaya. Tepatnya ketika gelandang Persebaya, Song Ui-young, dilanggar pemain Barito Putera, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, di kotak terlarang pada menit ke-52.

Azrul Ananda juga menyinggung belum diterapkannya video assistant referee (VAR) akan menambah keruh kompetisi jika wasit terus membuat keputusan kontroversial. "Kita memahami ini (keputusan kontroversial wasit) akan menjadi potensi masalah-masalah dan masih akan ada momen-momen dimana kekecewaan kecurigaan terhadap wasit akan terjadi," tandas pria yang akrab dipanggil AZA itu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan