Welber Jardim Kenal Sepak Bola Sejak Usia 2 Tahun, Sempat Gabung Tim Futsal Palmeiras

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 15 November 2023
Welber Jardim Kenal Sepak Bola Sejak Usia 2 Tahun, Sempat Gabung Tim Futsal Palmeiras
Welber Jardim (kiri) sedang menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' sebelum laga Timnas Indonesia U-17 vs Ekuador, Jumat (10/11). (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Elisangelo Jardim, ayah dari pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim, bercerita kalau putranya itu sudah mengenal sepak bola sejak usia yang masih sangat muda, yakni 2 tahun.

Elisangelo Jardim yang ketika itu masih menjadi pemain sepak bola profesional mengajarkan langsung putranya untuk bermain bola. Elisangelo Jardim merupakan pesepakbola asal Brasil yang pernah bermain untuk Persekaba Badung dan Persiba Balikpapan, mulai dari era divisi utama sampai Liga Super Indonesia.

"Welber sudah dilatih oleh saya sejak usia 2 tahun. Dia ketika itu di Balikpapan. Saya sudah mengajarkan dia teknik menendang bola melalui kaki dan kaki kanan. Lalu waktu kami tinggal di Jimbaran (Bali), saya kasih dia latihan setiap hari," kata Elisangelo Jardim saat ditemui oleh BolaSkor beberapa waktu lalu.

Kemudian, saat usia Welber Jardim menginjak 6 tahun, Elisangelo Jardim memboyong keluarganya ke Brasil. Saat di Brasil itu, Welber Jardim semakin dekat dengan sepak bola.

"Setelah balik ke Brasil, dia seleksi di Palmeiras. Di antara 220 pemain dengan usia sama, yaitu 6 sampai 7 tahun, lolos hanya tiga. Dia dan dua lagi," tutur Elisangelo Jardim.

Baca Juga:

Abaikan Tawaran dari Klub Liga 1, Sang Ayah Minta Welber Jardim Fokus di Sao Paulo

Tiga Wasit Indonesia Terlibat di Piala Dunia U-17, Perlebar Jalan VAR Liga 1

"Habis itu dia main usia 6 tahun di Palmeiras Futsal. Waktu mulai mau transisi dari futsal ke lapangan (sepak bola), ada seseorang dari Sao Paulo melihat dia ikut kompetisi di sana," tambahnya.

Elisangelo Jardim menuturkan, seseorang dari Sao Paulo itu mengundang Welber Jardim untuk seleksi. Dari sinilah, karier Welber Jardim di klub peraih 3 Copa Libertadores (Liga Champions klub-klub Amerika Selatan) dimulai.

"Kami terima undangan (seleksi) itu. Dia datang seleksi di Sao Paulo 3 bulan. Kemudian pengurus panggil, mereka bilang (Welber) lolos. Dari situ, kami memilih Sao Paulo," tuturnya.

Pilihan yang diambil itu tepat. Welber Jardim berhasil mengasah kemampuannya di Sao Paulo dan menjadi salah satu pemain muda yang diperhitungkan. Bahkan, Welber Jardim disebut sudah mendapatkan tawaran kontrak profesional dari Sao Paulo.

"Kami sudah ada kontak (komunikasi) dengan Sao Paulo. Mungkin saat dia pulang (setelah Piala Dunia U-17 2023), akan sign kontrak profesional," ujar Elisangelo Jardim.

Timnas Indonesia U-17 Welber Jardim Sao Paulo Palmeiras Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.354

Bagikan