Welber Jardim dan Amar Brkic Masuk Proyeksi Jangka Panjang PSSI untuk Piala Dunia U-20 2025

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 17 November 2023
Welber Jardim dan Amar Brkic Masuk Proyeksi Jangka Panjang PSSI untuk Piala Dunia U-20 2025
Aksi Welber Jardim saat menghadapi Panama, pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11) malam WIB. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Dua pemain diaspora di skuad Timnas Indonesia U-17, yakni Welber Jardim dan Amar Brkic masuk proyeksi jangka panjang PSSI. Kedua pemain tersebut disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 yang ditargetkan lolos ke Piala Dunia U-20 pada tahun 2025.

Karena itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berharap Welber Jardim dan Amar Brkic memiliki komitmen untuk memperkuat Tim Merah-Putih. Meskipun, kata Erick, dirinya tidak punya hak menentukan pilihan mereka di masa depan.

"Oh, saya enggak tahu (Welber dan Amar masih membela Timnas Indonesia atau tidak di masa depan-Red). Tergantung mereka dong. Tapi, kita berharap mereka bagian dari jangka panjang kita," kata Erick Thohir.

Dengan usia keduanya yang baru menginjak 16 tahun, Welber Jardim dan Amar Brkic punya potensi untuk membela negara lain. Misalnya, Welber.

Pemain Sao Paulo U-17 itu bisa bermain untuk timnas Brasil, negara asal ayahnya. Sedangkan, Amar Brkic bisa memperkuat Bosnia dan Jerman, selain Indonesia. Meski lahir dan besar di Jerman, Amar mempunyai ayah yang berasal dari Bosnia.

Regulasi FIFA mengizinkan pemain berganti kewarganegaraan jika tidak pernah bermain atau memperkuat salah satu timnas di ajang resmi level senior.

Baca Juga:

Erick Thohir Bicara soal 'Drama' VAR di Laga Timnas Indonesia U-17 Vs Maroko

Timnas Indonesia U-17 Sudah Berjuang Maksimal, Bima Sakti dan Iqbal Gwijangge Minta Maaf

Pun jika pemain tersebut telah membela suatu negara di tim senior tetapi bukan di ajang resmi, ia juga masih dapat lampu hijau bermain untuk negara lain. Contoh dari kasus ini adalah Jamal Musiala, bintang muda Bayern Munchen, yang memutuskan memperkuat timnas Jerman ketimbang Inggris.

Musiala, yang lahir di Jerman tetapi pindah ke Inggris sejak kecil, pernah membela kedua negara di kelompok junior. Ia mewakili Inggris di kategori U-15, U-16, U-17, dan U-21 dan mengoleksi dua penampilan untuk Jerman U-16.

Welber Jardim dan Amar Brkic memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Namun, di babak grup, Garuda Muda hanya mampu menahan imbang Ekuador (1-1) dan Panama (1-1) serta kalah dari Maroko (1-3).

Aksi Amar Brkic saat menghadapi Panama, pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11) malam WIB. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia U-17 harus puas menempati peringkat 3 klasemen akhir Grup A dengan 2 poin dari 3 laga. Artinya, kesempatan lolos ke babak 16 besar tinggal dari slot empat tim peringkat 3 terbaik. Namun, dari jalur ini pun, nasib Garuda Muda berada di ujung tanduk.

Indonesia untuk sementara menghuni posisi empat klasemen peringkat 3 terbaik. Di atasnya ada Uzbekistan U-17 (4 poin), Iran U-17 (3 poin), Jepang U-17 (3 poin). Meksiko U-17 (1 poin) atau Korea Selatan U-17 (0 poin), bisa menggeser Indonesia jika menang dalam laga terakhir.

Bahkan Meksiko bisa menggeser Indonesia andai hanya meraih hasil imbang dan mencetak gol. Meksiko unggul produktivitas gol, setelah selisih gol setara dengan Indonesia (-2).

Meksiko akan menghadapi Selandia Baru U-17, sedangkan Korea Selatan menantang Burkina Faso. Kedua laga itu sama-sama digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/11). Laga Meksiko kontra Selandia Baru digelar terlebih dulu pada sore harinya, yang dilanjutkan oleh duel Korea Selatan melawan Burkina Faso pada pukul 19.00 WIB.

Timnas Indonesia U-17 Timnas indonesia u-20 Pssi Erick thohir Welber Jardim Amar Brkic Piala Dunia U-17 Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan