Erick Thohir Bicara soal 'Drama' VAR di Laga Timnas Indonesia U-17 Vs Maroko

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 17 November 2023
Erick Thohir Bicara soal 'Drama' VAR di Laga Timnas Indonesia U-17 Vs Maroko
Kapten Timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge, terlihat sedang berdiskusi dengan wasit Morten Krogh. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-17 hampir mendapatkan penalti saat menghadapi Maroko U-17 pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (16/11).

Momen itu terjadi saat tendangan bebas Achmad Zidan dianggap mengenai tangan pemain Maroko yang berada di kotak penalti pada menit ke-57. Para pemain Timnas Indonesia U-17 lantas meminta penalti kepada wasit.

Namun, wasit Morten Krogh tidak langsung membuat keputusan atas klaim para pemain Timnas Indonesia U-17 tersebut. Dia lantas berbincang dengan wasit Video Assistant Referee (VAR) dan kemudian menghampiri monitor VAR.

Setelah melihat tayangan yang diputar melalui video, Krogh sempat terdiam beberapa detik. Wasit asal Denmark itu tampak berdiskusi dengan wasit VAR dan pada akhirnya memutuskan tidak ada penalti untuk Garuda Muda.

Selepas kejadian tersebut, Maroko U-17 mencetak gol ketiga melalui Mohamed Hamony pada menit ke-64. Sebelum itu, tim asuhan Said Chiba berhasil membobol gawang Timnas Indonesia U-17 lewat penalti Anas Alaoui (29') dan Abdelhamid Ait Boudlal (39'). Garuda Muda hanya mampu membalas via Nabil Asyura di menit 42.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-17 Diambang Tersingkir dari Piala Dunia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 Sudah Berjuang Maksimal, Bima Sakti dan Iqbal Gwijangge Minta Maaf

Usai laga, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengakui bahwa dirinya dengan berbesar hati menerima keputusan dari wasit. Menurut Erick, VAR tidak secara otomatis menghilangkan kontroversi dalam pertandingan sepak bola.

"Kembali, itu keputusan. Nanti juga di Liga pakai VAR, pasti ada kontroversi. Jadi kalau menurut saya itu (sudah) keputusan (wasit). Wasit sudah melihat, saya rasa diambil keputusan yang benar dan tentu hasilnya memang kita sebenarnya harus bermain dengan yang lebih baik," kata Erick Thohir.

Kekalahan dari Maroko U-17 membuat kans Timnas Indonesia U-17 untuk lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat 3 terbaik menjadi semakin tipis. Nasib tim asuhan Bima Sakti itu kini bergantung dengan hasil dari Korea Selatan dan Meksiko.

Timnas Indonesia U-17 untuk sementara ini menghuni posisi 4 klasemen sementara peringkat 3 terbaik. Di atasnya ada Uzbekistan U-17 (4 poin), Iran U-17 (3 poin), Jepang U-17 (3 poin). Meksiko U-17 (1 poin) atau Korea Selatan U-17 (0 poin), bisa menggeser Indonesia jika menang dalam laga terakhir.

Bahkan Meksiko bisa menggeser Indonesia andai hanya meraih hasil imbang dan mencetak gol. Meksiko unggul produktivitas gol, setelah selisih gol setara dengan Indonesia (-2).

Meksiko akan menghadapi Selandia Baru U-17, sedangkan Korea Selatan menantang Burkina Faso. Kedua laga itu sama-sama digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/11).

Laga Meksiko kontra Selandia Baru digelar terlebih dulu pada pukul 16.00 WIB. Kemudian pada pukul 19.00 WIB, akan berlangsung duel antara Korea Selatan dan Burkina Faso.

Timnas Indonesia U-17 Maroko Timnas Maroko Pssi Erick thohir Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.319

Bagikan