Wasit Masih Jadi Persoalan Liga 1, Persik Kediri Resmi Layangkan Protes

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 21 Agustus 2023
Wasit Masih Jadi Persoalan Liga 1, Persik Kediri Resmi Layangkan Protes
Ilustrasi Liga 1. (LIB)

BolaSkor.com - Persik Kediri menyoroti secara tajam atas kinerja Bangkit Sanjaya selaku wasit yang memimpin pertandingan Liga 1 2023/2024 pekan kesembilan melawan Barito Putera di Stadion Demang Lehman Martapura, Sabtu (19/8). Dalam pertemuan itu, Persik menelan kekalahan 0-2 dari tim tuan rumah.

Bukan soal hasil akhir yang disoroti oleh Tim Macan Putih, tapi bagaimana kinerja Bangkit Sanjaya sebagai wasit selama memimpin pertandingan, dinilai kurang fair play. Oleh sebab itu, Persik secara resmi mengirimkan surat protes terhadap kinerja wasit asal Lampung Timur tersebut.

"Kami sudah mengirimkan surat protes resmi setelah pertandingan selesai. Ada beberapa poin didalamnya dan harapan kami ini bisa jadi perhatian utama," ujar Media Officer Persik Kediri, Haryanto kepada awak pers, Senin (21/8).

Baca Juga:

Ungkapan Marc Klok Cetak Brace Kemenangan Persib atas PSIS

Diganjar Dua Kartu Merah dan Dihukum Dua Penalti, Pelatih PSIS: Urusan Wasit

Satu poin yang dianggap Persik kontroversial, adalah pemberian penalti pada menit 38 sekaligus kartu merah tidak langsung kepada Vava Mario Yagalo. Persik menilai striker Barito Putera, Gustavo Tocantins ada indikasi diving dengan sengaja menabrakkan diri ke pemain bertahan mereka.

Keputusan tak tepat lainnya adalah ketika Hasim Kipuw dengan sengaja memegang bola untuk menghentikan pertandingan pada menit 42. Padahal, wasit seharusnya punya kuasa untuk lebih dulu menghentikan pertandingan meski ada pemain yang cedera di tengah lapangan.

Wasit lantas menuruti kehendak pemain yang memegang bola dengan mengharapkan ball drop demi fair play. Tapi di sisi lain, kesengajaan pemain saat memegang bola ketika pertandingan berjalan, melanggar Pasal 12 Laws of the Game FIFA yang bisa berujung peringatan keras baik kartu kuning maupun kartu merah.

"Bahkan bisa kartu merah karena melakukan hal ini sebagai last man. Wasit Bangkit Sanjaya sangat mengecewakan karena laws of the game saja tidak dipahami oleh beliau," tandas kapten tim Persik Kediri, Arthur Irawan yang menumpahkan kekecewaan melalui story Instagram sambil menyertakan cuplikan aksi tersebut. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi)

Persik kediri Liga 1 Breaking News Wasit
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan