Liga 1

VAR Mundur dari Jadwal, Erick Thohir: Membangun SDM Perlu Waktu

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 22 Februari 2024
VAR Mundur dari Jadwal, Erick Thohir: Membangun SDM Perlu Waktu
Simulasi VAR. (LIB)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, angkat bicara soal penundaan penggunaan video assistant referee (VAR) di Liga 1 2023/2024. Menurutnya, membangun SDM (Sumber Daya Manusia) perlu waktu.

Sebelumnya, VAR direncanakan akan digunakan saat Liga 1 2023/2024 mulai kembali usai rehat Piala Asia 2023. Namun, akhirnya mundur, penggunaan VAR baru bisa terlaksana saat championship series Liga 1, Mei mendatang.

Para wasit terus mendapat pembelajaran soal VAR. Terakhir, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar uji coba VAR dalam sebuah laga eksebisi pada pekan lalu.

Baca Juga:

Erick Thohir Berharap 22 Stadion Renovasi Pemerintah Bisa Gunakan VAR di Masa Depan

Persija Dapat Masalah Jelang Hadapi Madura United

"Jadi VAR itu yang saya ketahui karena perwasitan di bawah, memang ketika VARnya diimplementasikan SDM masih kurang," kata Erick Thohir kepada wartawan.

"Padahal sudah training 3-4 kali, makanya sempat ter-delay karena SDM-nya. Tetapi pasti akan ketemu SDM-nya, namanya membangun SDM perlu waktu. Liga pasti akan menerapkan di musim ini," tambahnya.

Nantinya, baru ada tiga stadion yang bisa menggunakan VAR dengan control room, yakni Stadion I Wayan Dipta, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Manahan. Sisanya menggunakan mobil van.

"(Infrastruktur) tidak masalah, kan itu sistemnya ada stadion yang sudah punya sistemnya dengan wifi dan lain-lain," tutur Erick Thohir.

Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.088

Bagikan