Unik, Medali Olimpiade Paris 2024 Gunakan Logam Menara Eiffel

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 23 Februari 2024
Unik, Medali Olimpiade Paris 2024 Gunakan Logam Menara Eiffel
Medali Olimpiade Paris 2024 (olympic.com)

BolaSkor.com - Terobosan dilakukan dalam pembuatan medali Olimpiade Paris 2024. Pada medali kali ini terdapat campuran logam yang digunakan pada menara Eiffel.

Dilansir dari olympic.com, keputusan ini dibuat untuk menghadirkan ciri khas Kota Paris sebagai tuan rumah kali ini. Dalam pembuatan ini juga akan dicampurkan logam lain seperti emas, perak, dan perunggu.

"Banyak upaya telah dilakukan untuk menyatukan logam-logam berharga ini, emas, perak, dan perunggu, dengan logam paling berharga di Menara Eiffel, sebuah permata di mahkota Prancis," tutur Tony Estanguet selaku Presiden Komite Paris 2024.

Baca Juga:

Dukung Timnas Basket Indonesia Vs Australia di Indonesia Arena, Tiket Mulai Rp100 Ribu

Marc Marquez Kesulitan Beradaptasi, Faktor Umur?

"Jadi yang spesifik dari medali 2024 adalah perpaduannya logamnya."

"Hal yang berdampak pada tahun ini adalah adanya bagian dari logam asli Menara Eiffel, yaitu besi di berbagai medali ini. Inilah yang kami lakukan untuk menanamkan logam tersebut kepada semua atlet 2024 ini," tambahnya.

Pada setiap medali yang dibuat, besi asli yang digunakan di Menara Eiffel dipotong menjadi segi enam (hexagon). Bentuk geometris ini sengaja dipilih karena menyimbolkan negara Prancis yang kerap disebut 'The Hexagon'.

Lalu di sisi yang sama terdapat garis tipis dengan interval tidak teratur di sekeliling segi enam tersebut. Garis ini di benamkan, bukan diukir.

Untuk menciptakan maha karya ini, Tony mengaku tidak menyerahkannya ke sembarang orang. Menurut pengakuannya, pembuatan medali ini ditangani langsung oleh pembuat perhiasan terkenal asal Paris, Chaumet.

Penulis: Bintang Rahmat

Olimpiade 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.027

Bagikan