Toni Kroos: Ballon d'Or Tidak Penting

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 14 Oktober 2023
Toni Kroos: Ballon d'Or Tidak Penting
Toni Kroos (Twitter)

BolaSkor.com - Ballon d'Or acapkali dianggap sebagai sebuah penghargaan personal yang menahbiskan pemain terbaik dunia. Ada sisi prestisius dari event yang pernah bekerja sama dengan Induk Sepak Bola Dunia, FIFA, tersebut.

Sudah banyak pemenang Ballon d'Or dari 1956 hingga 2022, nama yang muncul teratas sebagai pemenang terbanyak adalah megabintang Argentina, Lionel Messi, yang sudah mendapatkannya sebanyak tujuh kali.

Sementara megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, sudah memenanginya sebanyak lima kali dan sudah masuk nominasi sebanyak 18 kali.

Persaingan untuk merebutkannya kini sudah terbuka, sebab dua 'alien' tersebut sudah tidak lagi muda dan generasi baru datang. Meski faktanya, Messi masih jadi favorit untuk memenangi penghargaan Ballon d'Or 2023.

Baca Juga:

Arsenal 1-0 Manchester City: Catatan Buruk The Gunners Berakhir

Rayu Toni Kroos, Manchester City Tawarkan Kenaikan Gaji

Sederet Fakta Menarik dari Kemenangan Dramatis Arsenal Atas Manchester City

Perdebatan siapa pemenang Ballon d'Or 2023 pun naik ke permukaan. Kendati demikian gelandang Real Madrid, Toni Kroos, sama sekali tak tertarik dengannya.

Kroos sudah melihat eks dan rekan setimnya saat ini memenangi Ballon d'Or seperti Ronaldo, Luka Modric, dan Karim Benzema, tetapi ia tak tertarik memenanginya sama sekali.

Kroos, 33 tahun, sudah membela Madrid sejak 2014 pasca pergi dari Bayern Munchen. Ia melihat Ballon d'Or sebagai penghargaan prestisius, tetapi tidak penting, sebab menurutnya sepak bola olahraga tim, bukan individu.

"Pendapat saya adalah bahwa penghargaan individu tidak diperlukan dalam olahraga tim. Saya selalu mengatakan itu dan saya mendukungnya. Tidak ada satu pemain pun yang bisa memenangkan apapun sendirian," tegas Kroos dikutip dari Goal.

"Itu bergengsi, tapi tidak penting. Itu perbedaan yang besar. Ide saya sederhana saja, saya tidak menganggapnya penting, atau tidak sepenting pemain lain. Tidak ada satu pemain pun yang bisa memenangkan apapun sendirian," pungkasnya.

Toni Kroos Real Madrid Ballon d'Or
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan