Timnas Indonesia Vs Vietnam di SUGBK, Pengamat Ingatkan Pengelola Perhatikan Kualitas Rumput

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 06 Maret 2024
Timnas Indonesia Vs Vietnam di SUGBK, Pengamat Ingatkan Pengelola Perhatikan Kualitas Rumput
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni menaruh perhatian serius terhadap kualitas rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang pertandingan lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Timnas Indonesia dan Vietnam, Kamis (21/3).

Menurut Bung Kus -sapaan akrab Kusnaeni- pihak pengelola stadion yakni PPKGBK (Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno) harus serius melakukan perawatan rumput lapangan jelang duel krusial tersebut.

Dia tidak mau lapangan terlihat jelek dan tidak layak seperti saat digunakan oleh Timnas Indonesia U-20 dalam laga uji coba kontra Thailand U-20 beberapa waktu lalu.

"Kualitas rumput sebagai field of play sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Apalagi pertandingan berstandar internasional dalam agenda FIFA Matchday memang menuntut standar tinggi soal kualitas lapangan," kata Bung Kus dalam keterangan yang diterima BolaSkor.

Bung Kus tidak alergi dengan peruntukan stadion termasuk SUGBK terhadap kegiatan di luar sepak bola, seperti konser, kampanye politik atau aktivitas budaya. Namun, wartawan senior itu mengingatkan bahwa PPKGBK harus serius dalam menjaga kualitas rumput lapangan.

"Penggunaan stadion untuk kegiatan politik, budaya, atau keagamaan sah-sah saja. Yang penting pengelola GBK bisa menghitung dengan cermat jarak antara kegiatan tersebut dengan masa pemulihan dan perawatan menuju pertandingan selanjutnya."

Baca Juga:

PSSI Rilis Harga Tiket Pertandingan Timnas Indonesia Vs Vietnam di SUGBK

DPR Terima Permohonan Naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes

"Jika melihat kondisi terakhir saat ini, memang agak mengkhawatirkan. Tapi pengelola GBK sebetulnya masih punya waktu untuk mengoptimalkan pemulihan kondisi rumput agar layak pakai. Apalagi saat ini masih periode musim hujan yang relatif lebih kondusif untuk perawatan rumput," ujar Bung Kus menegaskan.

Selain soal rumput, Bung Kus juga mengingatkan fasilitas SUGBK lainnya. Misalnya, bangku penonton, fasilitas sanitasi, hingga pagar pemisah antar tribun.

"Ingat, pertandingan nanti pasti akan mengundang puluhan ribu suporter fanatik timnas. Kesiapan fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan pertandingan jangan dianggap enteng. Harus disiapkan sama seriusnya dengan kita menyiapkan lapangan rumputnya," jelasnya.

Timnas Indonesia saat ini menempati peringkat empat atau terakhir di klasemen Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia baru mengumpulkan satu poin dari dua laga.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Sugbk Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.361

Bagikan