Timnas Indonesia U-17 Tak Pilih-pilih Lawan di 16 Besar, Bima Sakti: Yang Penting Lolos

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 16 November 2023
Timnas Indonesia U-17 Tak Pilih-pilih Lawan di 16 Besar, Bima Sakti: Yang Penting Lolos
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, menyatakan tidak pilih-pilih lawan di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Menurutnya, yang paling penting adalah memastikan satu tempat di fase knock out itu.

Timnas Indonesia U-17 berpotensi lolos dari fase grup. Skuad Garuda Muda bisa lolos sebagai juara grup, runner-up, atau menjadi satu dari empat tim peringkat 3 terbaik.

Laga ketiga Grup A melawan Maroko U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (16/11) malam ini jadi penentunya. Jika menang atas Maroko, Timnas Indonesia U-17 akan mengantungi 5 poin dan memiliki kans menjadi juara grup. Syaratnya, Ekuador (saat ini 4 poin) kalah dari Panama (1 poin).

Bagaimana kalau Ekuador meraih hasil imbang dengan Panama, sedangkan Timnas Indonesia U-17 meraih kemenangan atas Maroko. JIka itu yang terjadi, maka Indonesia dan Ekuador sama-sama akan mengoleksi 5 poin.

Nantinya, akan dilihat tim yang lebih unggul secara selisih gol. Saat ini selisih gol Ekuador adalah +2, sedangkan Indonesia 0. Artinya, Timnas Indonesia U-17 harus menang minimal 3-0 untuk menjadi juara grup.

Baca Juga:

Laga Kontra Maroko Krusial, Pemain Timnas U-17 Diminta Kurangi Kesalahan Individu

Tak Ada yang Cedera, Timnas Indonesia U-17 Full Team Lawan Maroko

Namun, seandainya Ekuador meraih kemenangan, maka posisi terbaik yang bisa dicapai Timnas Indonesia U-17 adalah runner-up Grup A. Kemudian, kalau Timnas Indonesia U-17 kembali meraih hasil imbang, maka kans ke babak 16 besar tinggal dari slot empat tim peringkat 3 terbaik.

Di klasemen peringkat tiga terbaik, Timnas Indonesia U-17 ada di posisi 4 atau di batas akhir. Tepat satu posisi di bawah Indonesia ada Meksiko yang baru meraih 1 poin.

Namun, jika poin akhir Timnas Indonesia U-17 adalah 3, posisi tim asuhan Bima Sakti rawan tergusur oleh Meksiko. Di partai terakhir Grup F, Meksiko akan bertemu Selandia Baru, tim terlemah di grup tersebut.

Timnas Indonesia U-17 juga bisa kalah bersaing dengan Korea Selatan jika hanya mengumpulkan 3 poin. Pasalnya, meskipun Korea Selatan poinnya masih nol (0), tetapi di laga terakhir Grup E mereka akan bersua Burkina Faso.

Jika Korea Selatan menang atas Burkina Faso dengan selisih 4 gol, maka Taeguk Warriors (3 poin) unggul selisih gol (+1) dari Indonesia. Artinya, Korea Selatan akan finis di atas Garuda Muda.

Berdasarkan bagan, juara Grup A akan bertemu tim peringkat ketiga terbaik dari Grup C/D/E. Untuk sementara, di posisi tersebut ada Iran, Jepang dan Korea Selatan.

Sedangkan, runner-up Grup A bakal bersua peringkat kedua Grup C, yang untuk sementara ditempati oleh Brasil. Sedangkan, untuk peringkat 3 terbaik, jika diwakili oleh tim dari Grup A, maka calon lawannya adalah juara Grup B (saat ini ditempati Spanyol) atau juara Grup C, yang untuk sementara ini adalah Inggris.

"Yang pasti kami ingin menang (melawan Maroko U-17). Targetnya pasti menang. Tapi kalau memang situasinya tidak bisa menang, minimal imbang," kata Bima Sakti.

"Nanti soal hasil (lawan di 16 besar), yang paling penting kita bisa lolos (dulu), entah itu sebagai juara grup, runner-up atau peringkat tiga terbaik," tuturnya menambahkan.

Timnas Indonesia U-17 Bima sakti Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan