Timnas Indonesia U-17 Antisipasi Nervous di Laga Pertama Kontra Ekuador

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 10 November 2023
Timnas Indonesia U-17 Antisipasi Nervous di Laga Pertama Kontra Ekuador
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti Tukiman. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-17 sudah mempersiapkan diri dengan baik menyambut laga perdana menghadapi Ekuador. Hasil dari pertandingan pertama cukup berpengaruh bagi langkah Garuda Asia yang bersaing di Grup A Piala Dunia U-17 2023.

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti Tukiman menilai wajar jika ada demam panggung atau nervous pada pertandingan pertama yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (10/11). Dia mengaku jajaran pelatih dan staf psikologi juga sudah mengantisipasi tingginya animo suporter. PSSI sendiri memastikan tiket ludes terjual.

"Saya pikir pasti ada nervous karena manusia pasti punya nervous. Sekelas (Lionel) Messi dan (Cristiano) Ronaldo juga ketika menghadapi sebuah pertandingan pasti punya rasa tegang," ujar Bima Sakti menjawab BolaSkor.com sebelum memimpin sesi official training di Stadion Gelora 10 Nopember (9/11) petang.

Baca Juga:

Tiket Kontra Ekuador Terjual Habis, Timnas Indonesia U-17 Berusaha Bermain Lepas

Winger Madura United Lulinha Kenang Main Bareng Eks Manchester United di Piala Dunia U-17 2007

"Saya pikir jadi motivasi pemain karena mereka juga berharap, walaupun (tampil) perdana di Piala Dunia U-17 itu (juga) harapan masyarakat Indonesia. Tapi yang paling penting para pemain sudah bisa berkomunikasi satu sama lain, sudah bisa saling support. Kekuatan kita adalah kebersamaan. (Dan) Alhamdulillah tidak ada (pemain cedera)," tegas mantan kapten Timnas Indonesia tersebut.

Menjelang turnamen yang akan diikuti pertama kalinya ini, para pemain harus bisa mengubah perasaan nervous menjadi motivasi. Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 bakal menjalani debut pada turnamen yang diikuti 24 negara dari 6 konfederasi ini.

Karena itu, Bima Sakti berharap dukungan dan doa dari masyarakat Surabaya dan Indonesia. Selain itu mempersiapkan sektor non teknis, dia mengaku sudah melihat video-video pertandingan lawan.

"Kami sudah lihat video mereka. Tadi pagi kami informasikan ke pemain. Mereka tim bagus, mereka memiliki kualitas individu yang baik. Mereka memiliki set piece yang bagus," bebernya.

"Itu sudah menjadi catatan buat kami. Kami harus mengantisipasi itu. Yang paling penting juga kami mempersiapkan tim sebaik mungkin. Siap semuanya mudah-mudahan memberikan yang terbaik," pungkas Bima Sakti.

Sementara itu, striker Arkhan Kaka Putra Purwanto mengatakan tim pelatih mewanti-wanti pemain agar tampil hati-hati. Pasalnya, para pemain untuk pertama kalinya akan merasakan penggunaan Video Assistant Referee atau VAR.

"Semua tim di Grup A kuat, termasuk Ekuador, Panama dan Maroko. Termasuk kami pun sama-sama kuat. Pelatih meminta kami waspada dan hati-hati karena VAR itu membantu perangkat wasit. Kami bermain harus berhati-hati jika melakukan suatu momen atau tindakan (agar tidak merugikan tim)," terang pemain Persis Solo itu. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Timnas Indonesia U-17 Ekuador Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan