Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Diharapkan Tembus Peringkat 100 Besar Dunia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 30 Maret 2024
Timnas Indonesia Diharapkan Tembus Peringkat 100 Besar Dunia
Starting Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3) malam WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde)

BolaSkor.com - Dua kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas Vietnam pada matchday 3 dan 4 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tidak hanya membuka peluang Tim Garuda lolos ke babak ketiga. Berkat dua kemenangan itu, ranking FIFA Timnas Indonesia diprediksi melesat dari posisi 142 ke 135.

Tak pelak, hal ini menimbulkan kepercayaan diri bahwa ke depan peringkat Timnas Indonesia bisa terus naik, bahkan menembus 100 besar.

Pada 6 dan 11 Juni 2024, Timnas Indonesia akan menjamu Irak serta Filipina dalam dua laga pamungkas Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Jika bisa meraih kemenangan di dua laga itu, peringkat FIFA Timnas Indonesia dipastikan kembali naik, sekaligus lolos ke putaran ketiga. Di babak itu, Timnas Indonesia punya peluang untuk terus mendulang poin dan membuka peluang terus mendekat ke posisi 100 besar.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia pernah mencapai posisi 76 FIFA pada September 1998. Itu merupakan peringkat terbaik Tim Merah-Putih sepanjang masa.

"Ya, step by step. Tahapan itu yang kita harapkan. Karena memang semua sesuai apa yang diinginkan oleh ketum (PSSI, Erick Thohir) dan kami semua (di BTN dan Exco), khususnya di timnas mengharapkan peringkat FIFA itu semakin meningkat. Ya harapannya kalau bisa tembus di bawah 100 (besar)," kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji.

Baca Juga:

Update Terbaru Naturalisasi Maarten Paes

Tanggapan Exco PSSI soal Klaim Shin Tae-yong Ada Tambahan Beberapa Pemain Naturalisasi Sebelum Juni

Sumardji tidak menampik bahwa peningkatan prestasi Timnas Indonesia ini salah satunya berkat sentuhan pelatih Shin Tae-yong yang mampu meramu Skuad Garuda dengan sangat baik.

Publik pun meminta pelatih asal Korea Selatan itu untuk diperpanjang kontraknya. Kontrak Shin bersama PSSI akan berakhir pada Juni 2024.

Terkait hal ini, Sumardji menyebut bahwa PSSI tidak akan tutup mata mengenai pencapaian yang dibuat oleh Shin Tae-yong, termasuk meloloskan Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar.

"Semua itu ada tahapan yang harus dijalankan, saya kira kalau semuanya tercapai dan terpenuhi, semua pasti mungkin, dan kita tahu bahwa coach Shin sendiri prestasi akhir-akhir ini cukup baik."

"Saya kira ada pertimbangan-pertimbangan tertentu, tapi itu (kontrak STY) nanti pak ketum yang akan ambil keputusan," ucap Sumardji yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI tersebut.

Timnas Indonesia Pssi Fifa Ranking FIFA Indonesia Naik Btn Badan tim nasional (BTN) Sumardji Erick thohir Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.320

Bagikan