Timnas Indonesia

Update Terbaru Naturalisasi Maarten Paes

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 30 Maret 2024
Update Terbaru Naturalisasi Maarten Paes
Aksi Maarten Paes saat memperkuat FC Dallas. (Instagram.com/maartenpaes)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, membeberkan update terbaru naturalisasi Maarten Paes. Menurutnya, naturalisasi kiper FC Dallas itu berjalan positif.

Namun, masalah perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) masih menjadi kendala. Seperti diketahui, Maarten Paes terkendala aturan FIFA, yang menyebabkan dirinya tak bisa membela Timnas Indonesia, jika sudah dinaturalisasi.

Baca Juga:

Sehabis Bantai Vietnam, Shin Tae-yong Langsung Persiapkan Timnas U-23 untuk Piala Asia

Shin Tae-yong Akui Tambahan Pemain Keturunan Buat Timnas Indonesia Makin Kuat

Poin B (iii) pada pasal Perpindahan Asosiasi yang ada di Statuta FIFA menyebutkan, "pada saat diturunkan untuk pertandingan terakhirnya secara resmi kompetisi dalam sepak bola apa pun untuk asosiasinya saat ini, dia belum menginjak usia 21 tahun."

Dari pernyataan FIFA di atas, tidak sejalan dengan kiprah Maarten Paes. Kiper berusia 25 tahun itu pernah membela timnas Belanda U-21 di ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21, 15 November 2020 lalu. Maarten Paes sudah berusia 22 tahun saat memainkan laga melawan Belarusia U-21 selama 90 menit.

Endri mengatakan, PSSI membawa kasus Maarten Paes ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga alias CAS. Namun, ia tak mengungkap secara pasti apa yang diadukan PSSI ke CAS. PSSI diduga mengajukan banding terhadap Statuta FIFA.

"Kami masih menunggu Maarten Paes. Dia kan belum resmi. Sebab, masih ada masalah di CAS kalau tidak salah," ujar Endri.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Maarten Paes sendiri sudah mendapat persetujuan DPR RI untuk dinaturalisasi. Saat itu, ia disetujui bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, yang saat ini sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, menargetkan Maarten Paes bisa membela Timnas Indonesia di Bulan Juni 2024 ini. Pasalnya, Skuad Garuda akan menghadapi Irak dan Filipina, pada dua laga terakhir babak kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Jadi, kalau pun Maarten Paes prosesnya di FIFA lancar, ya baru bisa memperkuat Timnas Indonesia pada Juni 2024 atau setelah Juni 2024," imbuh Erick Thohir.

"Tergantung dari kesempatan dia diambil sumpah. Jadi dinamikanya masih ada," tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI ini.

Maarten Paes Timnas Indonesia Pssi Endri Erawan Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.078

Bagikan