Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong Akui Tambahan Pemain Keturunan Buat Timnas Indonesia Makin Kuat

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 27 Maret 2024
Shin Tae-yong Akui Tambahan Pemain Keturunan Buat Timnas Indonesia Makin Kuat
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia setelah Ragnar Oratmangoen mencetak gol ke gawang Vietnam. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia berhasil meraih dua kemenangan atas Vietnam pada matchday 3 dan 4 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Setelah menang 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3), Timnas Indonesia juga berhasil mengalahkan Vietnam 3-0 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

Dua kemenangan itu menurut pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menunjukkan bahwa tim asuhannya semakin padu. Shin juga tidak menampik bahwa hadirnya sejumlah pemain baru mulai dari Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sangat berpengaruh.

Mereka berhasil menunjukkan kelasnya sebagai pemain yang besar di Eropa. Jay Idzes dan Nathan tampil solid di lini belakang, sedangkan Thom dan Ragnar membuat serangan Timnas Indonesia makin bervariasi.

Bahkan, Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen berhasil mencetak gol untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di Hanoi, sedangkan Thom Haye menyumbang assist.

"Dengan adanya dengan adanya pemain naturalisasi menjadikan semakin kuat sekuat kita," kata Shin Tae-yong, Rabu (27/3).

Baca Juga:

Cetak Gol di Laga Debut bersama Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen Ungkap Kunci Suksesnya

Puja-puji Shin Tae-yong untuk Thom Haye Usai Timnas Indonesia Hajar Vietnam di Hanoi

Shin Tae-yong tak menampik bahwa sebetulnya Timnas Indonesia tidak dalam kondisi ideal saat bertandang ke Hanoi. Sebab, beberapa pemain andalannya mengalami sakit usai laga di SUGBK, termasuk Ivar Jenner dan Pratama Arhan.

"Jadi saya menduga pertandingan kedua ini akan sulit," ujarnya.

Namun, kekhawatiran Shin Tae-yong tidak terbukti. Timnas Indonesia tampil lebih garang di Hanoi dengan kehadiran Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang saat pertandingan di Jakarta masih absen karena proses perpindahan federasinya belum rampung.

Karena itu, Shin Tae-yong berterima kasih kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan jajarannya yang mempercepat proses tersebut, sehingga Thom dan Ragnar bisa bermain.

"Dengan adanya pemain-pemain keturunan yang (baru) bergabung, jadi kita bisa memilih skuad lebih leluasa daripada sebelumnya," ujarnya.

Shin optimistis keberadaan pemain keturunan tak hanya mampu meningkatkan kualitas timnas, melainkan juga memacu para pemain lokal untuk tampil lebih baik.

Dia juga mendorong para pemain lokal untuk meningkatkan levelnya agar bisa bersaing dengan para pemain keturunan sehingga Timnas Indonesia bisa semakin tangguh.

"Dengan kondisi-kondisi yang seperti ini pemain lokal juga harus bisa lebih berjuang untuk menjadi lebih baik lagi dan dengan begini timnas Indonesia akan semakin maju pastinya," tuturnya.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Jay Idzes Nathan Tjoe-A-On Ragnar Oratmangoen Thom Haye Pssi Erick thohir Naturalisasi Breaking News Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Dunia 2026
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.488

Bagikan