Tiba di Indonesia, Tim Kun Bokator Tak Sangka Dapat Medali Emas di SEA Games 2023

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 10 Mei 2023
Tiba di Indonesia, Tim Kun Bokator Tak Sangka Dapat Medali Emas di SEA Games 2023
Tim Kun Bokator Indonesia tiba di Tanah Air (Kanugrahan/MerahPutih.com)

BolaSkor.com - Tim Indonesia cabang olahraga (cabor) Kun Bokator mendapat banyak ucapan selamat saat tiba di Indonesia usai menorehkan prestasi membanggakan di SEA Games 2023 Kamboja.

Sambil membawa pulang tiga emas, lima perak dan 13 perunggu, mereka diberikan apresiasi tinggi oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC) dan stakeholder olah raga lainya begitu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/05) malam.

"Kalian adalah pahlawan bangsa yang membawa pulang prestasi ke Tanah Air. Kami ucapkan selamat dan semoga ke depannya bisa mengumandangkan lagi Indonesia Raya di kejuaraan internasional," kata Komite Eksekutif NOC Indonesia Rafiq Hakim Radinal.

Di cabang ini, emas pertama diraih trio Muhammad Martin Ramadhan, Tedi Hidayat, Sandiagi Putra dari nomor Men’s Bare Hand Form Group.

Baca Juga:

Berkalung Medali Emas dan Bunga, Tim Voli Indoor Putra Indonesia Tiba di Tanah Air

Juara Umum SEA Games 2023, Tekad Timnas Pencak Silat Kibarkan Merah Putih di Tiang Tertinggi Tercapai

Pelatih Vietnam Bicara soal Peluang Jumpa Timnas Indonesia U-22 atau Myanmar di Semifinal

Emas kedua didapat dari trio Riana Oktavia, Riva Hojriah, dan Eni Tri Susilowati. Ketiganya turun di nomor Women’s Bare Hand Form Group.

Sementara itu, emas ketiga disusul dari duo Gema Nur Arifin dan Yazid Hanifam Kirniawan. Mereka turun di nomor Men’s Dup Group Performance.

Para atlet tak menyangka bisa mendulang emas dari cabor Kun Bokator. Pasalnya olahraga seni bela diri ini berasal dari Kamboja.

“Sangat luar biasa, tak menyangka juga bisa dapat medali emas," kata Sandiagi yang mengaku terharu akan penyambutan terhadap ia dan kontingen lainnya itu.

Dia mengungkapkan, tim Kun Bokator secara intens latihan selama enam bulan. Bahkan satu hari bisa berlatih tiga sampai empat kali.

Sandiagi yang sejatinya atlet silat ini mengaku perlu waktu enam bulan untuk bisa mempelajari olahraga Kun Bokator ini.

"Saya memang latar belakangnya silat, tapi gerakan-gerakan Kun Bokator ini harus dipelajari. Lega karena bisa dapat emas, terima kasih untuk Indonesia, tim, dan semua yang sudah mendukung,” ujarnya sambil tersenyum.

Selain Kun Bukator di hari yang sama juga tiba sejumlah pahlawan Indonesia yang telah berjuang di SEA Games 2023 Kamboja telah tiba di Tanah Air.

Terdapat atlet-atlet dari cabang olahraga kontingen Indonesia yang telah pulang ke Tanah Air. Mereka yakni, gymnastic, esports, voli indoor putra, vovinam, dan atletik jalan cepat.

Penulis: Kanugrahan/MerahPutih.com

Kun Bokator SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan