Tiap Pekan Ada Kericuhan Suporter, Menpora Kasian jika Liga 1 Harus Dihentikan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 18 Juli 2023
Tiap Pekan Ada Kericuhan Suporter, Menpora Kasian jika Liga 1 Harus Dihentikan
Menpora Dito Ariotedjo saat memberikan keterangan kepada awak media. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menanggapi kericuhan yang terjadi di Liga 1 2023/2024. Mirisnya, kericuhan ini terjadi setiap pekan.

Peristiwa pertama terjadi pada laga Persis Solo Vs Persebaya Surabaya di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (1/7). Kelompok suporter Persis dari tribun utara dan timur terlibat ketegangan. Kericuhan bahkan meluas sampai ke kawasan UNS yang menyebabkan satu orang dilarikan ke rumah sakit dan tujuh suporter diamankan kepolisian.

Bentrokan sesama suporter kembali terjadi pada pekan kedua. Kali ini melibatkan suporter PSM Makassar. Mereka terlibat kericuhan saat pertandingan melawan Dewa United FC. Keributan ini berawal dari saling senggol.

Seakan tidak belajar dari dua kejadian sebelumnya, aksi baku hantam suporter juga terjadi pada pekan ketiga yang mempertemukan Persik Kediri Vs Arema FC. Insiden ini disebabkan 25 suporter Arema FC kedapatan menyusup ke Stadion Brawijaya, padahal suporter tamu dilarang untuk hadir.

Baca Juga:

Ketum The Jakmania Imbau Suporter Persija Patuhi Larangan Tur Tandang

Persib Bandung Berusaha 'Move On' dari Luis Milla

Rentetan kejadian itu membuat Menpora Dito Ariotedjo sedih. Dia khawatir penyelenggaraan Liga 1 bisa dihentikan akibat dari kericuhan.

"Ini sedang dan juga diatur oleh PSSI sampai ada wacana buat setop. Tapi kami lagi diskusi yang terbaik bagaimana. Saya harap suporter ini ayo kita benar-benar nonton sepak bola, fokus ke substansinya (bahwa) sepak bola kita tahu banyak sekali variabel ini dan saya harap suporter bisa menjaga sesama baik itu dari satu tim atau tim lain," kata Menpora Dito saat ditemui di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (18/7).

Menpora Dito mengajak seluruh suporter untuk menjaga kepercayaan dari seluruh pihak, terutama pemerintah dan kepolisian yang merestui Liga 1 kembali bergulir secara normal, yaitu home-away. Selain itu, klub juga sudah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk berkompetisi.

"Mari kita jaga bersama sepak bola kita karena kasihan kalau sampai berhenti, tim-tim yang sudah berlatih bahkan tidak sedikit mengeluarkan dana. Kita tahu persiapan menjadi home and away-nya itu sangat mahal."

"Jadi saya sangat ingin mengajak para suporter ayo kita jaga bersama. Karena yang seperti saya bilang kesuksesan itu tidak bisa dari satu pihak tapi ini adalah kerja sama dan kebersamaan seluruh pihak maka kita jaga bersama-sama," tutur menteri dari Partai Golkar itu.

Menpora Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.308

Bagikan