Thomas Doll Bantah Ada Faktor Eksternal Pengaruhi Performa Persija Musim Ini

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 21 Oktober 2023
Thomas Doll Bantah Ada Faktor Eksternal Pengaruhi Performa Persija Musim Ini
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (Media Persija)

BolaSkor.com - Musim pertama Thomas Doll menukangi Persija Jakarta hasilnya cukup baik. Doll membawa tim Ibu Kota finis di peringkat kedua atau sebagai runner-up pada Liga 1 2022/2023.

Namun, musim ini tidak berjalan mulus untuk Thomas Doll dan Macan Kemayoran, setidaknya sampai laga ke-15. Persija masih tertahan di papan tengah (peringkat ke-11) dan baru meraih empat kemenangan. Kemudian delapan laga lainnya berakhir imbang dan tiga kali Persija menelan kekalahan.

Sebagai perbandingan, dengan jumlah pertandingan yang sama, 15, pada musim lalu Persija sudah meraih delapan kemenangan. Tiga laga lainnya berakhir imbang dan kalah empat kali. Persija ada di posisi kelima dengan raihan itu.

Saat ditanya oleh awak media apakah ada pengaruh eksternal (di luar lapangan) yang membuat performa Persija menurun, Thomas Doll dengan tegas membantahnya. Termasuk salah satunya soal komposisi pemain asing yang tidak seluruhnya merupakan pilihan pelatih asal Jerman itu.

"Sepak bola memang terkadang seperti ini (naik-turun performa). Saat Anda membuat kesalahan, akan mudah kebobolan. Saat Anda kehilangan banyak peluang karena tidak bisa mencetak gol, hal seperti ini (sulit menang) sering terjadi dalam pertandingan," kata Thomas Doll.

Baca Juga:

Percaya Kesetiaan The Jakmania, Thomas Doll Tak Merasa Persija Ditinggalkan

Thomas Doll Tak Mau Ditanya Urusan Transfer Persija Jakarta

Berdasarkan pernyataan itu, permasalahan Persija murni urusan teknis di dalam lapangan. Doll memberikan contoh saat Persija gagal mempertahankan keunggulan ketika menjamu Arema FC.

"Saat itu, kami sedang unggul 2-1, tapi karena kesalahan (salah satunya kartu merah Firza Andika), kami jadinya main dengan 10 orang dan skor menjadi 2-2."

"Di laga sebelumnya (melawan Barito Putera), kami bermain bagus di babak pertama, tapi tidak di babak kedua. Sekali mereka (Barito Putera) mendapatkan peluang, kami kebobolan. Ini yang harus kita cermati. Saya ingin pemain bisa 'kill the game'," ujar Doll.

Thomas Doll berharap para pemainnya bisa terus belajar dari kesalahan yang terjadi di laga-laga sebelumnya. Dia pun bersyukur karena skuad Persija mulai kembali lengkap dengan kembalinya Rizky Ridho dan Witan Sulaeman dari Timnas Indonesia, kemudian Ilham Rio Fahmi juga sudah mulai pulih dari cederanya.

"Kami hanya perlu menang saja, selebihnya hal-hal positif akan datang. Kami paham apa yang harus dilakukan dan semoga kami bisa memenangkan laga kandang lagi besok (nanti) malam," tutur Doll.

Setelah jeda internasional berakhir, Persija akan menjamu RANS Nusantara pada pekan ke-16 Liga 1 2023/2024, atau dua laga terakhir di putaran pertama. Laga ini bakal dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (22/10) pukul 19.00 WIB.

Persija jakarta Thomas Doll Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.402

Bagikan