Thomas Doll Anggap Format Baru Liga 1 Hanya Bagus untuk Fans

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 12 Juli 2023
Thomas Doll Anggap Format Baru Liga 1 Hanya Bagus untuk Fans
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (Media Persija)

BolaSkor.com - Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll menanggapi perubahan format Liga 1 2023/2024 yang dibagi menjadi seri reguler dan seri championship. Menurutnya, perubahan itu bagus untuk fans.

Babak reguler Liga 1 musim ini akan berlangsung sampai 28 April 2024. Di babak ini, ke-18 tim akan saling bertemu dalam format kandang-tandang.

Setelah itu tim yang menempati empat besar di babak reguler akan melaju ke seri championship yang dijadwalkan berlangsung pada 4-26 Mei 2024. Juara akan ditentukan lewat babak final dengan sistem kandang dan tandang.

"Saat pertama kali mendengar mengenai format musim ini. Saya pikir ini akan bagus untuk para suporter dan penonton di rumah karena klub yang berada di empat besar akan berkompetisi dengan format championship series. Menurut saya ini akan bagus untuk fans karena mereka akan mendapat tontonan lebih banyak di musim ini," kata Thomas Doll.

Namun, jika melihat dari sisi klub, akan ada dampak yang cukup besar dengan perubahan format ini. Misalnya, klub yang menempati peringkat satu di babak reguler ada kemungkinan gagal menjadi juara jika gagal bersaing di babak champioship.

Baca Juga:

Persija Belum Maksimal, Thomas Doll Curhat Lagi soal Pemain Asing

Jefinho Lengkapi Kuota Asing Persik Kediri

Persija Jamu Bhayangkara FC di Patriot, Jumlah Penonton yang Diizinkan Tak Lebih dari 27 Ribu

"Kalau dipikirkan lagi bisa saja ada skenario di mana klub yang berada di posisi pertama unggul 15 poin dari klub urutan keempat di regular series. Lalu saat bertemu di format championship series, klub posisi pertama itu (mungkin) tereliminasi (oleh) klub yang berada di posisi keempat," ujarnya.

Menurut Thomas Doll, hal itu membuat kerja keras yang dilakukan tim peringkat satu pada babak reguler menjadi seperti sia-sia.

"Karena jika mereka sudah mendapatkan posisi pertama berarti mereka layak jadi juara Liga 1. Menurut saya hal itu tidak akan menyenangkan bagi klub yang berada di posisi pertama. Tapi kita lihat saja nanti bagaimana format itu akan berjalan," ujarnya.

Akan tetapi, karena sudah disahkan bahkan Liga 1 musim ini bakal memasuki pekan ketiga, Thomas Doll berusaha untuk menjalaninya saja.

"Bagaimana pun itu masih akan terjadi di tahun depan. Sekarang masih Juli, jadi kita lihat saja nanti,” ucap pelatih berpaspor Jerman itu.

Persija jakarta Liga 1 Thomas Doll Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.383

Bagikan