The Jakmania Kirim Surat kepada Erick Thohir, Tuntut Perbaikan Kualitas Wasit

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 29 September 2023
The Jakmania Kirim Surat kepada Erick Thohir, Tuntut Perbaikan Kualitas Wasit
Pengurus Pusat (PP) The Jakmania menyerahkan surat untuk Ketum PSSI Erick Thohir, Jumat (29/9). (Instagram.com/infokomjakmania)

BolaSkor.com - Pengurus Pusat (PP) The Jakmania mengirimkan surat kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Jumat (29/9). Surat itu berisi tuntutan untuk perbaikan kualitas para wasit yang bertugas di Liga 1 2023/2024.

Dalam siaran pers yang diterima BolaSkor.com, The Jakmania juga melampirkan beberapa catatan berupa kejadian dalam 8 pertandingan yang menurut mereka merugikan tim kesayangannya, Persija Jakarta.

Misalnya, saat Persija berhadapan dengan Borneo FC Samarinda pada pekan ketujuh, Rabu (9/8). Saat itu wasit Naufal Adya Fairuski asal Bandung tidak memberikan penalti untuk Macan Kemayoran. Padahal dalam laporan dari The Jakmania itu disebutkan bahwa pada menit ke-40 ada tarikan yang dilakukan Fajar Fathur Rahman pada Riko Simanjuntak di dalam kotak penalti.

Persija kembali tidak diberikan penalti saat menjamu Bali United, Minggu (24/9). Wasit Aidil Azmi asal Banda Aceh hanya memberikan tendangan bebas untuk Persija, meski Witan Sulaeman ditekel oleh Haudi Abdillah di dalam kotak penalti.

"Bukti yang kami hadirkan terlampir dan tak terpisahkan dari surat ini. Atas masih kurangnya kualitas wasit dalam menjalankan tugasnya di Liga 1 musim 2023/24, bersamaan dengan surat ini kami menuntut kepada Bapak Erick Thohir selaku Ketua Komite Wasit untuk adanya perbaikan yang signifikan atas kualitas wasit agar dapat memimpin pertandingan dengan azaz fair play demi kebaikan sepak bola Indonesia."

"Kami meminta Bapak untuk segera melakukan perbaikan, peningkatan, dan pengawasan terhadap wasit agar dapat memimpin dengan baik tanpa adanya intervensi dari pihak manapun," bunyi surat The Jakmania yang ditandatangai Ketua Umum Diky Budi Ramadhan dan Sekretaris Umum Muhammad Aditya Putra.

Baca Juga:

Erick Thohir Jawab Keluhan soal Wasit, Janji Penjarakan jika Terbukti 'Kotor'

Debut sebagai Starter Kontra Bali United, Oliver Bias Langsung Obral Janji

Di akhir suratnya, The Jakmania mengingatkan kepada Erick Thohir bahwa wasit adalah salah satu faktor penentu pertandingan. Reaksi penonton juga akan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan dari sang pengadil lapangan itu.

"Karena kepemimpinan wasit dapat memengaruhi kualitas penonton dan situasi yang terjadi pada penonton, khususnya fans sepak bola. Oleh karena itu, kami berharap keresahan kami juga menjadi keresahan Bapak selaku yang bertanggung jawab atas kualitas wasit di sepak bola Indonesia," bunyi penutup surat tersebut.

Sebelumnya, Erick Thohir sempat menanggapi keluhan dari pelatih Persija Thomas Doll terkait kinerja para korps baju kuning itu. Tanggapan diberikan ketika Erick menghadiri kegiatan PSSI Partner Summit di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Ya kan kembali, wasit itu juga manusia," kata Erick Thohir saat ditanya awak media terkait keluhan Thomas Doll.

Erick Thohir menjelaskan, PSSI di era kepemimpinannya sudah berupaya memproteksi para wasit dengan cara memberikan kenaikan gaji sampai jaminan sosial. Ini dilakukan supaya wasit fokus menjalankan tugasnya sebaik mungkin.

"Kami sudah mendorong (kesejahteraan) wasit itu (salah satunya) ada BPJS Kesehatan, terjamin. Belum pernah ada selama berdirinya PSSI."

"Pendanaan (bayaran) untuk wasit sudah standar yang bagus, bahkan di Liga (PT Liga Indonesia Baru) sendiri akan membuat ranking wasit. (Tapi) kalau ternyata wasitnya masih 'kotor', ya kita penjarakan," tutur Erick Thohir.

Namun, Erick Thohir meminta persoalan mengenai wasit ini tidak berdasarkan emosi sesaat. Harus ada data dan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan.

"Jangan salig menuduh, tetapi tidak ada bukti," ucapnya.

Erick Thohir menyarankan kepada klub atau masyarakat apabila memang merasa ada kejanggalan bisa membuat laporan ke Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola yang belum lama ini dibentuk dengan Maruarar Sirait sebagai ketuanya.

"Ara (panggilan Maruarar) tokoh politik yang keras. Ada Najwa Shihab, Akmal (Marhali), ada Pak Ardan (Adiperdana, mantan Kepala Badan Pengawan Keuangan dan Pembangunan). Mereka punya hotline (nomor pengaduan) sekarang."

Berikut surat The Jakmania kepada Erick Thohir:

Daftar pertandingan yang jadi catatan The Jakmania:

The jakmania Persija jakarta Pssi Erick thohir Wasit Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan