Erick Thohir Jawab Keluhan soal Wasit, Janji Penjarakan jika Terbukti 'Kotor'

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 29 September 2023
Erick Thohir Jawab Keluhan soal Wasit, Janji Penjarakan jika Terbukti 'Kotor'
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjawab keluhan beberapa pihak atas kualitas para wasit di Liga 1 dan Liga 2. Erick berjanji akan menjebloskan wasit 'nakal' ke penjara jika terbukti melakukan pelanggaran pidana seperti menerima suap.

Sebelumnya, pelatih Persija Thomas Doll beberapa kali merasa bahwa tim asuhannya seringkali dirugikan oleh keputusan wasit. Terakhir, saat Persija menjamu Bali United, wasit Aidil Azmi, hanya memberikan tendangan bebas kepada Persija, meski Witan Sulaeman ditekel Haudi Abdillah di dalam kotak penalti.

"Ya kan kembali, wasit itu juga manusia," kata Erick Thohir saat ditanya awak media terkait keluhan Thomas Doll.

Erick Thohir menjelaskan, PSSI di era kepemimpinannya sudah berupaya memproteksi para wasit dengan cara memberikan kenaikan gaji sampai jaminan sosial. Ini dilakukan supaya wasit fokus menjalankan tugasnya sebaik mungkin.

"Kami sudah mendorong (kesejahteraan) wasit itu (salah satunya) ada BPJS Kesehatan, terjamin. Belum pernah ada selama berdirinya PSSI."

"Pendanaan (bayaran) untuk wasit sudah standar yang bagus, bahkan di Liga (PT Liga Indonesia Baru) sendiri akan membuat ranking wasit. (Tapi) kalau ternyata wasitnya masih 'kotor', ya kita penjarakan," tutur Erick Thohir.

Baca Juga:

PSSI Rilis Lagu Timnas Indonesia, Dibawakan oleh Wika Salim

PSSI Dapat Suntikan Rp250 Miliar untuk Seluruh Kelompok Timnas Indonesia

Namun, Erick Thohir meminta persoalan mengenai wasit ini tidak berdasarkan emosi sesaat. Harus ada data dan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan.

"Jangan salig menuduh, tetapi tidak ada bukti," ucapnya.

Erick Thohir menyarankan kepada klub atau masyarakat apabila memang merasa ada kejanggalan bisa membuat laporan ke Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola yang belum lama ini dibentuk dengan Maruarar Sirait sebagai ketuanya.

"Ara (panggilan Maruarar) tokoh politik yang keras. Ada Najwa Shihab, Akmal (Marhali), ada Pak Ardan (Adiperdana, mantan Kepala Badan Pengawan Keuangan dan Pembangunan). Mereka punya hotline (nomor pengaduan) sekarang."

"Jadi apa, saya pun siap dipanggil oleh satgas kalau ada kecurangan di saya. Sekarang publik diberi akses. Ada laporan, laporkan ke satgas. Kami sudah bekerja sama dengan satgas dan pihak kepolisian juga kejaksaan, karena kami serius membangun ini. Jangan hanya rumor, saya mendorong (untuk) dilaporkan," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Pssi Erick thohir Liga 1 Liga 2 Breaking News Wasit Wasit Liga 1
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan