PSSI Rilis Lagu Timnas Indonesia, Dibawakan oleh Wika Salim

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 28 September 2023
PSSI Rilis Lagu Timnas Indonesia, Dibawakan oleh Wika Salim
Wika Salim (baju putih) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSSI merilis sebuah lagu untuk Timnas Indonesia dengan judul 'Bersama Garuda' yang dinyanyikan oleh Wika Salim. Lagu dengan genre dangdut ini diperkenalkan saat acara PSSI Partner Summit di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu (27/9).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir kemudian menjelaskan alasan memilih dangdut sebagai tema untuk lagu Timnas Indonesia. Menurutnya, musik dangdut sangat melekat dengan Indonesia.

"Kenapa tidak (genre dangdut). Kan begini, kita selalu bicara lagu Korea bagus, kenapa kita tidak punya kebanggaan sama lagu Indonesia," kata Erick Thohir kepada awak media.

Erick Thohir kemudian menceritakan suksesnya tembang 'Meraih Bintang' sebagai lagu resmi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Lagu yang dinyanyikan oleh pedangdut Via Vallen itu dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, bahkan dunia internasional

"Dan saya sudah buktikan beberapa kali, lagu dangdut ini bisa diterima di dunia. Kemarin waktu Asian Games, Via Vallen lagunya dangdut. Bahkan di-translate ke berbagai negara. Ya kita harus dorong, karena kalau kita mau jadi negara besar, ya kita harus punya kultur kita juga," tutur Erick Thohir.

Baca Juga:

PSSI Dapat Suntikan Rp250 Miliar untuk Seluruh Kelompok Timnas Indonesia

Absen Kontra Uzbekistan, Rachmat Irianto Optimistis Timnas U-24 Beri yang Terbaik

Bicara soal kultur, Erick Thohir berharap filosofi sepak bola Indonesia atau Filanesia bisa terus dikembangkan. Lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan contoh Jepang yang berhasil mengembangkan cara bermain mereka sehingga bisa jadi Macan Asia, bahkan diperhitungkan di dunia.

"Di sepak bola kalau kita lihat, kita ada metode filanesia segala, tetapi itu kan sudah jauh lama. Sepak bola ini berubah. Jerman saja yang punya konstelasi cara bermain sekarang kalah sama Jepang. Jepang menemukan metode baru permainan, dengan tubuhnya yang lebih kecil. Artinya apa? Ya itu yang terjadi perubahan, di sepak bola pun ada kultur."

"Jadi sama, kita mendorong lagu dangdut buat (dikenal) internasional, toh masyarakat Indonesia senang lagu-lagu ini, mudah dicerna, ya kuping barat juga nanti pasti mendukung. Tetapi juga itulah kultur, tidak hanya musik tetapi juga di sepak bola Indonesia juga harus pembangunan kultur yang benar, dan ini dari bawah sampai atas," tutur Erick Thohir.

Timnas Indonesia Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.392

Bagikan