The Jakmania Kecewa Laporan soal Wasit Belum Ditanggapi Ketum PSSI Erick Thohir

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 26 Oktober 2023
The Jakmania Kecewa Laporan soal Wasit Belum Ditanggapi Ketum PSSI Erick Thohir
Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno. (PSSI Pers)

BolaSkor.com - Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno, kecewa karena Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang diketahui menjabat juga sebagai Ketua Komite Wasit belum menanggapi surat yang dikirimkan oleh pihaknya.

Pada 26 September 2023, The Jakmania mengirimkan surat ke Erick Thohir yang berisi tuntutan perbaikan kualitas wasit yang bertugas di Liga 1 2023/2024. Dalam surat itu, The Jakmania melampirkan beberapa catatan berupa kejadian dalam 8 pertandingan yang menurut mereka merugikan tim kesayangannya, Persija Jakarta.

Misalnya, saat Persija berhadapan dengan Borneo FC Samarinda pada pekan ketujuh, Rabu (9/8). Saat itu wasit Naufal Adya Fairuski asal Bandung tidak memberikan penalti untuk Macan Kemayoran. Padahal dalam laporan dari The Jakmania itu disebutkan bahwa pada menit ke-40 ada tarikan yang dilakukan Fajar Fathur Rahman pada Riko Simanjuntak di dalam kotak penalti.

Persija kembali tidak diberikan penalti saat menjamu Bali United, Minggu (24/9). Wasit Aidil Azmi asal Banda Aceh hanya memberikan tendangan bebas untuk Persija, meski Witan Sulaeman ditekel oleh Haudi Abdillah di dalam kotak penalti.

"Bukti yang kami hadirkan terlampir dan tak terpisahkan dari surat ini. Atas masih kurangnya kualitas wasit dalam menjalankan tugasnya di Liga 1 musim 2023/24, bersamaan dengan surat ini kami menuntut kepada Bapak Erick Thohir selaku Ketua Komite Wasit untuk adanya perbaikan yang signifikan atas kualitas wasit agar dapat memimpin pertandingan dengan azaz fair play demi kebaikan sepak bola Indonesia."

Baca Juga:

The Jakmania Minta Persija Anggap Laga Selanjutnya sebagai Final

Tepis Rumor ke Persib, Rizky Ridho Tetap di Persija Jakarta

"Kami meminta Bapak untuk segera melakukan perbaikan, peningkatan, dan pengawasan terhadap wasit agar dapat memimpin dengan baik tanpa adanya intervensi dari pihak manapun," bunyi surat The Jakmania yang ditandatangani Ketua Umum Diky sebagai ketua umum dan Sekretaris Umum Muhammad Aditya Putra.

Namun, setelah satu bulan berlalu, pihak The Jakmania belum juga mendapatkan balasan dari Erick Thohir atau PSSI. Hal ini membuat Diky kecewa.

"Kalau kecewa, pasti. Karena sampai detik ini tidak ada tanggapan apa pun terkait surat resmi Jakmania," kata Diky.

Seandainya surat atau laporan dari The Jakmania itu benar-benar tidak ditanggapi, Diky menilai PSSI era Erick Thohir memang tidak serius untuk meningkatkan kualitas wasii dan pertandingan di Liga 1.

"Dan ini menjadi hal yang amat bahaya, apalagi kalau teman-teman suporter sudah tidak percaya dengan wasit. Itu yang harus dihindari karena wasit itu menjadi penentu pertandingan," ucap Diky.

Persija jakarta Pssi The jakmania Erick thohir Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan