Terima Rekomendasi Suporter, Erick Thohir Bakal Bawa ke Exco PSSI

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 01 Oktober 2023
Terima Rekomendasi Suporter, Erick Thohir Bakal Bawa ke Exco PSSI
Erick Thohir hadir dalam simposium Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menghadiri kegiatan simposium yang digelar Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia (PNSSI) di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Minggu (1/10).

Simposium itu menghasilkan 7 poin rekomendasi. Tujuh rekomendasi itu pun diterima langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk dibawa ke Komite Eksekutif atau Exco.

"Ada poin-poin yang nanti akan kita sampaikan kepada Exco dan supaya ini juga bisa kita dorong kesepakatan-kesepakatan ini kita lakukan transformasi untuk suporter sepak bola Indonesia dan saya rasa ini komitmen. Terima kasih suporter percaya transformasi karena ini kita sama-sama jaga diri kita, yang jelas kita cinta sepak bola Indonesia," kata Erick Thohir kepada awak media.

"Kita sama-sama bangun, ya. Jangan sendiri-sendiri membangun. Supaya kita bisa transformasi sepak bola Indonesia," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Masuk Bursa Cawapres, Erick Thohir Klaim Fokus di PSSI sampai 2027

The Jakmania Kirim Surat kepada Erick Thohir, Tuntut Perbaikan Kualitas Wasit

Sementara itu, Ketua PNSSI Uki Nugraha atau yang akrab disapa Daeng Uki berharap rekomendasi yang diserahkan ke PSSI jadi momentum suporter untuk bersatu dan menyukseskan transformasi sepak bola Indonesia.

"Jadi mudah-mudahan apa yang teman-teman lakukan hari ini merupakan sebenarnya awal ya tapi ini adalah titik kebangkitan suporter sepak bola Indonesia untuk sama-sama menyukseskan transformasi sepak bola Indonesia dan hebatnya lagi baru kali ini dapat ketum seperti ini (ET) yang mau turun sama-sama kita," tutur lelaki yang akrab disapa Daeng Uki tersebut.

"Yang pasti ini rekomendasi akan dibawa ke rapat exco, nanti ada pertemuan antara exco, PSSI, dan klub," tutur Sekretaris Jenderal (Sekjen) PNSSI, Richard Achmad Supriyanto menimpali.

Berikut Hak-hak suporter yang harus diperhatikan oleh PSSI:

1. Keamanan dan kenyamanan

2. Potongan atau perbedaan harga tiket dengan penonton umum dan suporter

3. Distribusi tiket harus mengutamakan dan memudahkan komunitas suporter yang sudah berbadan hukum

4. Klub harus membantu menyiapkan ruangan untuk komunitas suporter menyimpan alat-alat atau perlengkapan kreatifitas di area stadion yang menjadi homebase masing-masing klub

5. Setiap pembelian tiket pertandingan sudah termasuk Asuransi

6. Klub harus membantu pemberdayaan ekonomi dan kreatifitas suporter

7. Suporter harus memiliki hak bicara pada saat kongres PSSI

Dalam rangka transformasi sepak bola Indonesia, PNSSI juga akan membentuk badan hukum komunitas suporter pada 10 November, melaksanakan kongres tahunan pada 22 Februari 2024 dan workshop suporter Liga 1 dan Liga 2.

Pssi Liga 1 Erick thohir Liga 2 Suporter Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.354

Bagikan