Target Tertinggi Presiden Jokowi untuk Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17, Masuk Final!

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 12 Juli 2023
Target Tertinggi Presiden Jokowi untuk Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17, Masuk Final!
Presiden Jokowi ditemani Menpora Dito Ariotedjo dan Ketum PSSI Erick Thohir saat melihat seleksi Timnas Indonesia U-17 di Bandung. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia (RI), Erick Thohir, menemani Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), yang menyempatkan hadir melihat seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Presiden Jokowi hadir disela-sela kunjungan kerjanya di Bandung, Jawa Barat. Seleksi digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (12/7).

Hadir juga Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Dito Ariotedjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti yang menemani Presiden Jokowi.

Seleksi tersebut dipantau langsung Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti, dan dua scouting talent sekaligus legenda Timnas Indonesia, Rully Nere, Firman Utina, serta Budi Sudarsono.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Lihat Seleksi Timnas U-17 di Bandung, Semua Anak Bangsa Punya Kesempatan Bela Garuda

Timnas U-17 Jalani Psikotes, Bima Sakti Ungkap Manfaatnya

Erick Thohir menegaskan, kapasitas Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 harus juga ditunjukkan dengan mempersiapkan tim nasional yang tangguh. Oleh karenanya, demi mencapai target yang diberikan Presiden Jokowi, kualitas Timnas Indonesia U-17 harus bisa bersaing dengan 23 tim negara lainnya.

"Tadi Presiden meminta lolos ke final. Itu target tertinggi. Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik, kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia U-17. Program ini melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota yang bertindak sebagai host seleksi dan juga direktur teknik PSSI, serta Asprov untuk mencari bakat-bakat terbaik yang tersebar di penjuru Indonesia," ujar Erick Thohir.

"Talenta Garuda adalah program kolaborasi antara klub Liga 1, PSSI, dan Asprov. Klub Liga 1 memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan hal-hal teknis seleksi. Lalu PSSI menjadi koordinatornya dan pemandu bakat, serta Asprov bersama direktur tekniknya memanggil pemain SSB, klub atau sekolah di daerahnya, sekaligus mendampingi. Kita sinergi untuk mencari 22 pemain terbaik," lanjutnya.

Menurut Erick Talenta Garuda menjadi benchmark baru dalam mencari skuat terbaik Indonesia. Oleh karena itu, semua spesifikasi terbaik menjadi persyaratan utama. Mulai dari mental yang kuat, postur tubuh dengan tinggi 170-185 cm, kemampuan otot, skill, kognitif, disiplin, koordinasi prima hingga VO2max dengan nilai rata-rata 60-65.

"Kami memang menerapkan passing grade yang tinggi. Ini tantangannya sebab bagaimanapun juga ini Piala Dunia FIFA pertama di Indonesia sehingga harus maksimal persiapan dan skuad Timmas U-17 kita. Para pemain kita harus punya passing akurat, dribbling bola yang kuat, dan shooting jitu. Garuda Muda tak boleh kalah bersaing. Kita harus bernyali dan yakin bisa bersaing," tegasnya.

Jokowi Joko widodo Erick thohir Pssi Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.095

Bagikan