Tanpa Target, Shin Tae-yong Ingin Jalin Persahabatan Lewat Piala AFF U-23 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 17 Agustus 2023
Tanpa Target, Shin Tae-yong Ingin Jalin Persahabatan Lewat Piala AFF U-23 2023
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong kembali menegaskan bahwa dirinya tidak mematok target apa pun di Piala AFF U-23 2023. Ini disampaikan Shin Tae-yong sebelum tim asuhannya menghadapi Malaysia pada laga perdana kedua tim di Grup B, Jumat (18/8).

Shin Tae-yong mengatakan Piala AFF U-23 hanya dijadikan sebagai pemanasan sekaligus seleksi untuk menghadapi Kualifikasi Piala AFC U-23 2024 yang berlangsung di Solo pada 4-12 September. Ajang itulah yang menjadi target utama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-23.

"Target saya yang pertama di turnamen ini bukan menorehkan satu pencapaian. Saya lebih ingin menjalin persahabatan dengan tim-tim lain dari wilayah AFF (Asia Tenggara) serta mencari pemain baru yang sesuai dengan visi kami," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Kamis (17/8).

Karena itu, Shin Tae-yong tidak mencari tahu tentang kekuatan negara-negara yang satu grup dengan Timnas Indonesia U-23. Selain Indonesia dan Malaysia, Grup B juga dihuni Timor Leste.

Baca Juga:

Berkat Kompetisi, Pemain Timnas Indonesia U-23 Siap Tempur Lawan Malaysia

Timnas U-23 Vs Malaysia, Shin Tae-yong Bicara Persiapan dan Kondisi Pemain

Malaysia menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-23 di Stadion Provinsi Rayong, Jumat (18/8). Dua hari berselang, atau pada 20 Agustus, giliran Timor Leste yang menjadi lawan.

Absennya Rizky Ridho dan Dzaky Asraf yang tadinya diproyeksikan tampil, juga tidak diambil pusing oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan memahami keputusan Persija Jakarta dan PSM Makassar yang tidak bersedia melepas kedua pemain tersebut karena Piala AFF U-23 tidak termasuk dalam kalender FIFA.

"Saya tidak bisa membawa banyak pemain karena mereka bermain di liga dengan klub dan saya tidak bisa membawanya ke sini. Yang harus diketahui, saya tidak mematok target di turnamen ini," tegasnya.

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap percaya sepenuhnya dengan para pemain yang dia bawa ke Thailand. Total ada 23 pemain yang diboyong, termasuk beberapa debutan seperti Nuri Agus, Esal Sahrul, dan Muhammad Ragil.

"Mereka yang ada di sini kebanyakan berstatus pemain pengganti (pelapis) di klub. Banyak pemain baru di tim ini, saya akan mengecek kondisi mereka untuk pertandingan besok," ucap pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Timnas indonesia u-23 Shin Tae-yong Timnas malaysia Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.294

Bagikan