Timnas Indonesia

Tanggapi Sindiran Bek Vietnam, Marc Klok dan Ricky Kambuaya Beri Komentar Menohok

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 18 Maret 2024
Tanggapi Sindiran Bek Vietnam, Marc Klok dan Ricky Kambuaya Beri Komentar Menohok
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, jelang melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Ar

BolaSkor.com - Sejumlah pemain Timnas Indonesia memberikan tanggapan menohok sebagai respons dari sindiran bek Vietnam, Do Duy Manh. Pemain tersebut sempat menyebut Timnas Indonesia sebagai timnas Belanda karena diperkuat sejumlah pemain keturunan, mulai dari Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Justin Hubner, sampai yang terbaru adalah Jay Idzes serta Nathan Tjoe-A-on.

Menurut gelandang Timnas Indonesia yang juga lahir dan besar di Belanda, Marc Klok, para pemain keturunan itu memang tidak lahir di Indonesia. Namun, mereka tetap berhak membela Tim Merah-Putih, karena mempunyai darah orang Indonesia, baik dari orang tua atau kakek-neneknya.

Klok merasa ucapan dari Do Duy Manh sebagai tanda kepanikan. Sebab, dalam pertemuan terakhir kedua tim di Piala Asia 2023 Qatar, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan.

"Mungkin berapa tahun mereka cuma main lawan pemain asli lahir di Indonesia, sekarang mereka lihat banyak perbedaan di tim ini, nah mereka mungkin takut karena mereka lihat kita di Piala Asia dengan banyak pemain keturunan, prestasi kita juga lebih naik, kita akhirnya menang lawan Vietnam juga kemarin, pasti mereka tidak senang," kata Klok.

Hal senada disampaikan oleh Ricky Kambuaya. Gelandang tengah Timnas Indonesia dari Dewa United FC tersebut merasa bahwa yang disampaikan Do Duy Manh sebagai psywar jelang pertemuan kedua tim.

"Mungkin mereka takut, karena bagi saya kalau soal naturalisasi dan lain-lain itu hal biasa dalam sepak bola, jadi bagi saya mereka takut mungkin. Atau mungkin permainan mental," ujar Kambuaya.

Baca Juga:

Egy Maulana Vikri Sebut Jay Idzes sampai Thom Haye Naikkan Level Timnas Indonesia

Nathan Tjoe-A-On Ceritakan Respons Keluarga Setelah Jadi WNI, Akui Ingin Segera Debut di Timnas Indonesia

Sedangkan menurut Witan Sulaeman, adanya pemain keturunan dalam suatu tim nasional merupakan hal wajar. Bahkan, tim seperti Prancis dan Maroko cukup bertumpu dengan para pemain imigran.

"Kalau menurut saya kita semua di sini sama. Kita pemain Indonesia, kita rakyat Indonesia, kita berhak membela Indonesia, jadi enggak ada perbedaan antara naturalisasi atau lokal karena menurut saya juga sedangkan di Prancis aja mereka banyak juga pemain keturunan (imigran)."

"Tapi kan hal wajar, mungkin karena ini baru bagi sepak bola Asean (Asia Tenggara), jadi mungkin mereka bisa berkomentar seperti itu. Karena menurut saya mereka (pemain keturunan) juga berhak membela tim nasional kita karena mereka mempunyai darah keturunan, dan punya paspor Indonesia, dan sah-sah saja mereka membela Timnas Indonesia," ucap Witan.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam lanjutan pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dari Grup F. Skuad Garuda akan terlebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 21 Maret, sebelum melakoni partai tandang, Selasa (26/3).

Timnas Indonesia Timnas vietnam Marc Klok Ricky Kambuaya Witan Sulaeman Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.309

Bagikan