Tangani Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto Adopsi Metode Shin Tae-yong

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 19 Februari 2024
Tangani Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto Adopsi Metode Shin Tae-yong
Nova Arianto saat memberikan arahan kepada para pemain seleksi Timnas Indonesia U-16. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengadopsi beberapa metode kepelatihan Shin Tae-yong. Salah satunya membedakan warna kaus kaki pemain saat latihan. Hal ini dilakukan supaya Nova mengetahui kaki terkuat si pemain.

"Pastinya karena saya cukup lama dengan Shin Tae-yong, jadi benar sekali. Kenapa dibedakan, jadi saya bisa lebih mengetahui kaki dominan mereka, apakah kaki kanan atau kiri dan itu bisa lebih memastikan," kata Nova Arianto.

Nova juga tidak menampik kalau gaya permainan yang akan dia usung mirip dengan yang diterapkan oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia maupun timnas kelompok umur. Namun, ada beberapa filosofi yang dibawa sendiri oleh Nova.

"Itu (gaya permainan) enggak lepas dari apa yang dibawa coach Shin, jadi bermain sepak bola possession, progresif ke depan."

Baca Juga:

PSSI Jelaskan Alasan Penunjukan Nova Arianto sebagai Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16

Tes Fisik Jadi Menu Seleksi Hari Pertama Timnas Indonesia U-16

"Tapi pastinya ada beberapa filosofi yang saya bawa juga," ujar Nova Arianto.

Nova Arianto menambahkan dirinya tidak hanya terinspirasi dan belajar dari Shin Tae-yong soal. Sosok Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, juga menjadi memberikan pengaruh besar terhadap pelatih berkepala plontos tersebut.

"Semoga apa yang diberikan coach Shin dan coach Indra bisa saya gabungkan di sini," ucap Nova Arianto.

Sebagai tugas awal, Nova Arianto tengah melakukan seleksi Timnas Indonesia U-16 untuk tampil di Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Seleksi ini dimulai Senin (19/2) dan akan berakhir pada 21 Februari.

Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-17 Pssi Nova arianto Shin Tae-yong Indra sjafri Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan