PSSI Jelaskan Alasan Penunjukan Nova Arianto sebagai Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 19 Februari 2024
PSSI Jelaskan Alasan Penunjukan Nova Arianto sebagai Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. (PSSI)

BolaSkor.com - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menjelaskan alasan penunjukan Nova Arianto sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-16. Sebelumnya, tugas tersebut diemban oleh Bima Sakti dan setelah gelaran Piala Dunia U-17 2023 diserahkan kepada Indra Sjafri.

Namun, karena diminta oleh PSSI untuk fokus menukangi Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri mendelegasikan tugas di Timnas U-17 ke Nova Arianto.

Indra Sjafri pun menjelaskan alasan PSSI memilih Nova Arianto. Indra mengatakan PSSI ingin adanya regenerasi di tubuh kepelatihan tim nasional.

Nova Arianto dianggap sosok yang tepat. Pasalnya, mantan pemain Persebaya Surabaya dan Persib Bandung itu berpengalaman sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong sejak Januari 2020.

'"Saya hadir melihat langsung seleksi U-16. Jadi saya memang ditugaskan Ketum untuk bertanggung jawab atas tim U-20 dan U-17. Namun, saya hanya fokus sebagai pelatih kepala di tim U-20. Untuk U-16, saya mendelegasikan Nova Arianto sebagai pelatih kepala tim," kata Indra Sjafri.

Baca Juga:

Marc Klok Singgung Shin Tae-yong soal Posisinya yang Mulai Tergusur di Timnas Indonesia

Dipimpin Nova Arianto, Ini 32 Pemain TC Tahap Pertama Timnas Indonesia U-16

"Berbeda dengan Shin Tae-yong yang menangani dua tim sekaligus sebagai pelatih kepala (Senior dan U-23). Di sini, saya ingin adanya regenerasi kepelatihan," tambahnya.

Sementara itu, Nova Arianto berterima kasih atas kepercayaan PSSI dan Indra Sjafri terhadapnya. Dia menyatakan siap untuk menjalankan tugas tersebut sebaik mungkin.

"Terima kasih PSSI dan coach Indra Sjafri yang telah memberikan kepercayaannya kepada saya untuk mengemban tugas menangani tim U-16," ujar Nova.

Adapun Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi dua kejuaraan penting pada tahun ini. Yaitu Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-17 Nova arianto Indra sjafri Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan