Liga Champions

Tanda Tanya Seputar Partisipasi Girona di Liga Champions Musim Depan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 05 Mei 2024
Tanda Tanya Seputar Partisipasi Girona di Liga Champions Musim Depan
Skuad Girona merayakan kesuksesan lolos ke Liga Champions (x/GironaFC)

BolaSkor.com - Girona merayakan kesuksean mereka meraih tiket ke Liga Champions musim depan untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Meski begitu muncul pertanyaan mengenai partisipasi mereka di kompetisi antaklub paling bergengsi di Benua Biru tersebut.

Pertanyaan yang muncul terkait dengan status Girona sebagai bagian dari City Football Group. Status ini juga sempat menimbulkan keraguan mengenai partisipasi mereka di awal musim.

Akan ada dua klub di bawah naungan City Football Group akan berpartisipasi di Liga Champions musim depan, Girona dan Manchester City. Keberadaan Girona dalam City Football Group bisa mengancam kesempatan mereka di kompetisi Eropa.

Baca Juga:

Usai Catat Sejarah, Girona Bidik Trofi Musim Depan

Musim Depan Jerman Bisa Diwakili Enam Klub di Liga Champions

Liga Champions: Disebut Serakah, Bek Korsel Juga Jadi Sasaran Kritik Publik

Lalu bagaimana menurut peraturan UEFA?

Berdasarkan Pasal 5 dari peraturan kompetisi UEFA berkaitan dengan integritas kompetisi dan kepemilikan multiklub. Aturan itu melarang dua tim yang dikendalikan oleh orang atau grup yang sama berada dalam satu berkompetisi.

Peraturan tersebut juga menyebutkan bahwa tidak seorang pun boleh terlibat secara bersamaan dalam manajemen, administrasi, dan/atau kinerja olahraga lebih dari satu klub yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA.

Artikel tersebut menjelaskan bahwa tidak seorang pun atau entitas hukum diperbolehkan memiliki kontrol atau pengaruh atas lebih dari satu klub yang berpartisipasi dalam kompetisi UEFA. Kontrol atau pengaruh ini didefinisikan sebagai memiliki mayoritas hak suara pemegang saham, hak untuk menunjuk atau memecat mayoritas anggota dewan administrasi, manajemen atau pengawasan klub, atau menjadi pemegang saham yang mengendalikan mayoritas hak suara berdasarkan perjanjian dengan pemegang saham lainnya, atau memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh yang menentukan dalam pengambilan keputusan klub.

Kegagalan mematuhi aturan ini dapat berakibat hanya satu dari dua klub yang memiliki pemilik yang sama yang diizinkan berkompetisi.

Untuk situasi ini, UEFA akan menentukan apakah seseorang atau sekelompok orang dalam satu klub memiliki “kendali atau pengaruh” terhadap klub lainnya. Dan pihak City Football Group harus membuktikan tidak ada kendali atau pengaruh, serta pembagian informasi antar-klub di bawah mereka.

City Football Group mengakuisisi 44,3 persen saham Girona ketika klub tersebut dipromosikan ke Divisi Primera LaLiga pada 2017. Sejak itu Manchester City dan Girona telah terlibat dalam beberapa bisnis transfer. Di tim Girona saat ini, Aleix Garcia dan Eric Garcia pernah bermain untuk Manchester City sementara Yan Couto dipinjamkan dari Etihad musim ini.

UEFA akan melihat apakah ada perubahan signifikan dalam struktur kepemilikan, tata kelola, dan pembiayaan klub sebelum memberikan persetujuan. Ini untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan kepemilikan multi-klub.

Liga Champions Girona LaLiga UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.253

Bagikan