Tak Ikut Campur Format Liga 2, Erick Thohir Tugasnya Cuma Cari Sponsor

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 03 Agustus 2023
Tak Ikut Campur Format Liga 2, Erick Thohir Tugasnya Cuma Cari Sponsor
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat diwawancara awak media di Hotel Shalva, Jakarta, Jumat (7/7). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir tidak ikut campur dalam penentuan format kompetisi Liga 2 2023/2024. Erick mengatakan tugasnya hanya mencari sponsor dan memastikan kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu bisa bergulir.

Berdasarkan owner's meeting yang digelar PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) bersama PSSI dan perwakilan klub-klub pada 20 Juli 2023 di Jakarta, dicapai kesepakatan bahwa Liga 2 akan digulirkan paling lambat mulai 8 September mendatang.

Namun, beberapa waktu lalu, muncul surat edaran yang ditandatangani Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus tertanggal 26 Juli 2023, yang isinya menyebutkan bahwa peserta Liga 2 musim ini dibagi ke dalam empat grup.

Dalam surat itu juga dijelaskan bahwa dua tim teratas di setiap grup berhak melaju ke babak 8 besar. Sedangkan, dua tim terbawah masing-masing grup harus terdegradasi.

Rencana format itu pun mendapat penolakan dari salah satu klub Liga 2, Persiba Balikpapan. Menurut CEO Persiba, Gede Widiade, rencana itu di luar kesepakatan karena berbeda dari yang sudah disepakati saat Sarasehan Sepak Bola Nasional, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Lee Yu-jun Semakin Nyata Melengkapi Kekuatan Persela Lamongan di Liga 2

Eks Striker Timnas U-23 Merapat ke Gresik United

Terkait dengan polemik itu, Erick mengatakan sudah ada pertemuan lanjutan antara PT LIB dan klub-klub Liga 2. Sebagai Ketum PSSI, Erick mengaku tidak akan melakukan intervensi.

"Yang saya dengar dari PT LIB, sudah ada pertemuan dengan pemilik (klub-klub) Liga 2 (dan) sedang bernegosiasi (mengenai) format. Apakah format A atau B, saya enggak tahu. Silakan saja (disepakati)," kata Erick Thohir.

Menurut Erick, sudah ada pembagian tugas yang jelas antara PSSI dan PT LIB terkait kompetisi. Yang pasti, Erick menginginkan Liga 2 digulirkan setelah terakhir kali berjalan pada musim 2021.

"Jangan sampai Liga 2 dikorbankan. Ketua Umum (PSSI) nasibnya cari sponsor," tutur Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Pssi Liga 2 PT Liga Indonesia Baru PT LIB Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.389

Bagikan