Sukses Gelar Piala Dunia U-17 2023, Ketum The Jakmania: JIS Harusnya Bisa Dipakai Persija

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 23 November 2023
Sukses Gelar Piala Dunia U-17 2023, Ketum The Jakmania: JIS Harusnya Bisa Dipakai Persija
Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno, menyempatkan waktu untuk menyaksikan pertandingan 16 besar Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) pada Rabu (22/11).

Pada Rabu (22/11) ada dua pertandingan yang digelar di JIS. Yakni, Uzbekistan U-17 kontra Inggris U-17 dan Prancis U-17 melawan Senegal U-17.

Diky mengatakan kedatangannya ke JIS bukan hanya untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Sebagai orang yang berada di pucuk tertinggi pimpinan organisasi suporter Persija, The Jakmania, Diky mengaku punya kepentingan lain.

Baca Juga:

Bima Sakti Tanggapi Tawaran PSSI Jadi Asisten Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-20

Dalih Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia Tanpa Kemenangan di Dua Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Gue ke sini karena ada beberapa kepentingan, (salah satunya) harus memastikan juga ketika Persija memakai JIS setelah Piala Dunia (U-17) kayak gimana. Proses adaptasi," kata Diky.

Berdasarkan pengamatan Diky, JIS seharusnya sudah bisa dipakai oleh Persija di sisa kompetisi Liga 1 musim ini. Dia berharap hal itu bisa terwujud.

"Tapi ada beberapa hal yang harus dipikirkan dengan baik," ujar Diky.

Salah satu PR JIS menjadi markas Persija, kata Diky, adalah lahan parkir. Pasalnya, selama ini pendukung Persija kerap datang ke stadion dengan membawa kendaraan pribadi atau dengan bus.

Sedangkan, lahan parkir di JIS terbatas. Sejak awal dibangun, JIS memang dikonsep supaya calon penonton datang dengan menggunakan moda transportasi umum.

"Tapi segala sesuatu ada solusinya, yang jelas poin penting dan positifnya adalah JIS bisa digunakan. Dengan adanya Piala Dunia U-17 ini enggak ada alasan JIS enggak bisa dipakai Persija," ucap Diky.

Diky menilai sudah waktunya JIS menjadi kandang Persija. Apalagi Stadion Patriot Candrabhaga yang selama ini jadi homebase tim Macan Kemayoran dikabarkan bakal direnovasi.

"GBK (Gelora Bung Karno) juga sulit digunakan karena ada beberapa agenda politik yang sudah pesan dari beberapa waktu lalu."

"Jadi kami berharap JIS bisa digunakan Persija, (tapi) ada hitungan bisnis dan komersialisasi yang masih harus disepakati," tutur Diky.

Terdekat, Persija akan menghadapi Bhayangkara FC pada pekan ke-20 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin (27/11). Namun, dalam laga itu Persija berstatus sebagai tim tamu.

Adapun JIS masih akan digunakan untuk dua laga perempat final Piala Dunia U-17 2023 pada Jumat (24/11). Dua pertandingan itu adalah Jerman U-17 Vs Spanyol U-17 dan Brasil U-17 melawan Argentina U-17.

JIS menjadi venue "tersibuk" selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Total, dari babak fase grup sampai perempat final, JIS melangsungkan 16 pertandingan.

Persija jakarta Jakarta International Stadium The jakmania Piala Dunia U-17 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan