Dalih Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia Tanpa Kemenangan di Dua Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 22 November 2023
Dalih Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia Tanpa Kemenangan di Dua Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi Saddil Ramdani (17) usai membobol gawang Filipina. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan dalam dua laga Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kontra Irak (16/11) dan Filipina (21/11). Setelah dicukur oleh Irak dengan skor 5-1, Timnas Indonesia hanya bermain imbang 1-1 melawan Filipina.

Bahkan, Skuad Garuda nyaris kalah oleh Filipina kalau Saddil Ramdani tidak mencetak gol balasan pada menit ke-70. Sebelumnya, Filipina unggul berkat gol Patrick Reichelt di menit 23.

Usai laga melawan Filipina, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyampaikan beberapa masalah yang dihadapi oleh skuadnya. Di antaranya soal perjalanan panjang yang harus ditempuh skuadnya dari Irak menuju Manila.

Kemudian, Shin Tae-yong juga mengatakan para pemainnya kesulitan bermain di Stadion Rizal Memorial karena lapangannya menggunakan rumput sintetis. Jenis rumput itu tidak familiar bagi sebagian besar para penggawa Tim Merah-Putih.

"Dalam dua pertandingan berturut-turut ini, kami mengalami banyak kesulitan, seperti perjalanan yang sangat panjang, butuh waktu lama," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia dan Filipina Berbagi Poin

Kisah Volunteer Piala Dunia U-17 2023 asal Makassar, Sudah Berpengalaman di Jepang

"Lalu waktu dan taktik yang berbeda, terutama bidang (lapangan) ini yang tidak terlalu kami kenal dan kami mengalami kesulitan yang sangat besar untuk mengadaptasi tanah ini," tuturnya menambahkan.

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi usaha dan kerja keras para pemainnya. Dia bersyukur tim asuhannya bisa menyamakan kedudukan dari Filipina setelah sempat tertinggal 1-0 di babak pertama.

"Jadi semua faktor berdampak negatif pada penampilan kami. Tapi tetap saja, kami tidak menyerah bahkan ketika Filipina sedang unggul. Jadi saya mengucapkan selamat kepada para pemain," ujar Shin Tae-yong.

Torehan satu poin dari dua laga ini menempatkan Timnas Indonesia di posisi terakhir atau keempat di Grup F. Adapun posisi pertama ditempati Irak dengan 6 poin, kemudian disusul oleh Vietnam (3) dan Filipina (1) di peringkat ketiga. Filipina (-2) berhak di posisi ketiga karena unggul selisih gol dari Timnas Indonesia (-4).

Timnas Indonesia Filipina Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.257

Bagikan