Statistik Berbicara, Marcel Sabitzer Opsi Baru Manchester United di Lini Serang

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 14 April 2023
Statistik Berbicara, Marcel Sabitzer Opsi Baru Manchester United di Lini Serang
Marcel Sabitzer (Twitter)

BolaSkor.com - Pelatih asal Belanda, Erik ten Hag, memanfaatkan dengan baik musim debutnya sebagai pelatih Manchester United. Performa tim acapkali naik turun musim ini, tetapi Red Devils melihatkan perkembangan besar dari cara tim bermain.

Ten Hag mengakhiri puasa gelar klub selama lima tahun kala memenangi Piala Liga. Man United juga masih bersaing merebutkan trofi di Piala FA dan Liga Europa, juga bersaing mempertahankan tempat di empat besar Premier League.

Selain itu juga eks pelatih Ajax Amsterdam tidak ragu melakukan eksperimen di tengah berjalannya musim. Dalam taktik 4-2-3-1 cukup banyak pemain di dalam skuad yang menjalankan peran berbeda sejauh ini.

Semisal, Bruno Fernandes menjadi gelandang sayap melebar dari posisi aslinya gelandang serang (bahkan baru ini jadi gelandang tengah bertahan), atau Wout Weghorst yang menjadi gelandang serang dan Luke Shaw menjadi bek tengah.

Baca Juga:

Marcel Sabitzer Bicara soal Masa Depan dan Persaingan di Manchester United

Performa Menurun Kontra Sevilla, Pemain Manchester United Dikritik Peter Schmeichel

Hasil Liga Europa: Man United Gagal Menang di Old Trafford, Juventus Tekuk Sporting

Tidak berhenti sampai di situ saja, pemain anyar yang baru datang Januari lalu dari Bayern Munchen, Marcel Sabitzer, juga memiliki peran baru. Ten Hag memainkannya lebih ke depan dan ofensif sebagai gelandang serang.

Peran itu dinikmati pemain timnas Austria mengingat ia punya tendangan jarak jauh bagus dan penyelesaian akhir bagus. Hasilnya bisa dilihat baru ini, Sabitzer mencetak dua gol ketika Man United imbang 2-2 lawan Sevilla di Liga Europa.

Statistik Berbicara

Di masa lalu saat Sabitzer memperkuat RB Leipzig dan Bayern Munchen, perannya adalah gelandang box to box yang acapkali menusuk ke kotak penalti dari lini kedua. Sabitzer juga terbiasa melepaskan tendangan jarak jauh.

Namun ia tak banyak dimainkan sebagai gelandang serang dan juga punya tugas bertahan kala jadi gelandang tengah. Ten Hag memainkannya sebagai gelandang serang di eksperimen terbarunya dan penampilannya menjanjikan.

Statistik juga telah memperlihatkan bahwa peran lebih ofensif bukan hal baru bagi Sabitzer. Sejauh ini, dikutip dari laman resmi Man United, Sabitzer sudah memainkan 275 laga pada peran gelandang serang (nomor 10) atau pemain sayap dan terlibat dalam total 120 gol.

Itu sama dengan kontribusi 0,43 per 90 menit. Sebagai perbandingan, Sabitzer punya 28 gol atau assists dari 101 laga ketika bermain sebagai nomor 6 atau 8 (gelandang tengah). Catatan kontribusinya turun menjadi 0,27 per 90 menit laga.

Peran itu diketahui oleh Ten Hag dan dalam tiga laga Sabitzer bermain sebagai gelandang serang, ia tampil bagus melawan Brentford, Everton, dan Sevilla. Itu memberikan opsi baru bagi Ten Hag di kala Christian Eriksen dan Casemiro kembali bermain - sekaligus mengistirahatkan Bruno Fernandes.

Dua mantan pemain Man United, Wes Brown dan Dion Dublin, juga memiliki kesan bagus dengan peran baru Sabitzer sebagai gelandang serang.

"Sabitzer telah bermain sedikit lebih tinggi, di mana Bruno biasanya bermain, tetapi Bruno baru-baru ini memainkan peran bertahan. Dia hanya memiliki pemahaman yang baik tentang permainan. Mengetahui bahwa ada pemain di sana untuk memainkannya dan penyelesaiannya luar biasa," ucap Brown.

"Ketika Anda masuk ke posisi itu, Anda memiliki penyelesaian saat bola itu mendekati Anda, dan Anda harus membuat keputusan tentang penyelesaian apa yang akan Anda gunakan dan sentuhan apa yang akan Anda gunakan. Dia memilih dengan benar pada dua kesempatan," tamah Dublin.

"Larinya bagus, dia mengeksekusinya dengan nyaman. Kita sekarang melihat bagian lain dari permainannya yang menurut saya tidak dia miliki. Semakin dekat dengan penyerang tengah, masuk ke posisi yang baik, dengan kecepatan dan kontrol juga. Gol-golnya malam ini sangat bagus, dilakukan dengan sangat baik."

Marcel Sabitzer Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.241

Bagikan