Sindir Pendukung Prancis, Wasit VAR Final Piala Dunia 2022 Angkat Bicara

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 25 Desember 2022
Sindir Pendukung Prancis, Wasit VAR Final Piala Dunia 2022 Angkat Bicara
Szymon Marciniak (kiri) wasit final Piala Dunia 2022 (Twitter)

BolaSkor.com - Final Piala Dunia 2022 Qatar sudah berakhir sepekan yang lalu dan pembicaraannya masih terus terjadi sampai saat ini. Salah satu yang dibicarakan adalah tentang kinerja wasit dan stafnya di Lusail Stadium.

Laga final berakhir untuk kemenangan 4-2 Argentina melalui drama adu penalti melawan Prancis. Sebelumnya di waktu normal laga berjalan seru dengan tiga gol Argentina dicetak Lionel Messi (dua gol) dan Angel Di Maria, yang dibalas hat-trick gol Kylian Mbappe.

Szymon Marciniak merupakan wasit laga yang memimpin final dan berasal dari Polandia. Marciniak beserta staf wasit yang bekerja di ruang VAR dinilai sebagian besar fans Prancis banyak memberi keputusan yang merugikan Les Bleus.

Salah satu keputusan itu, seperti dimuat L'Equipe, adalah momen ketika gol kedua Messi di babak tambahan yang seyogyanya tidak disahkan. Melihat segala kabar tersebut wasit VAR yang juga berasal dari Polandia, Tomasz Kwiatkowski angkat bicara.

Baca Juga:

214 Ribu Orang Tanda Tangani Petisi Pengulangan Duel Argentina Vs Prancis

Sisi Gelap Kesuksesan Timnas Argentina Juara Piala Dunia 2022

Wasit Final Piala Dunia 2022 Respons Petisi Pengulangan Duel Argentina Vs Prancis

Kwiatkowski menjelaskan bagaimana situasi-situasi tertentu dinilai dengan VAR. Selain itu ia juga menyindir suporter Prancis yang mengkritik kinerja wasit dan juga wasit VAR, menegaskan mudah dalam menilai ketika menonton pertandingan dengan santai - tanpa tekanan dan juga tuntutan memberi keputusan cepat serta akurat seperti wasit.

"Ada enam gol di mana ada beberapa situasi ketat dalam fase serangan krusial. Saya mendapatkan tiga penalti yang ditentukan dengan sangat baik oleh (wasit) Szymon Marciniak," terang Kwiatkowski kepada RMC Sport.

"Saya memiliki dua situasi dengan potensi kartu merah dan diving hebat yang dilakukan Marcus Thuram, dan ingat bahwa terkadang diving sama seimbangnya dengan (keputusan) penalti."

"Ketika Anda sedang duduk di kursi yang hangat, minum bir dan makan keripik, semuanya tampak sederhana, dia mengatasi kritik yang dilontarkan terhadap wasit di final ini."

"Selain situasi yang telah saya sebutkan, saya memeriksa banyak hal hal-hal kecil yang mungkin bisa membantu, misalnya indikasi cepat dari angka atau petunjuk kecil tentang keputusan," urai Kwiatkowski.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Argentina Timnas Argentina Prancis Timnas Prancis
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.388

Bagikan