Siapakah Richard Hughes? Transfer Guru Baru Liverpool Pemburu Suksesor Jurgen Klopp

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 21 Maret 2024
Siapakah Richard Hughes? Transfer Guru Baru Liverpool Pemburu Suksesor Jurgen Klopp
Richard Hughes (twitter)

BolaSkor.com - Liverpool telah menunjuk Richard Hughes sebagai direktur olahraga baru untuk membantu memimpin pencarian pengganti Jurgen Klopp. Richard Hughes baru resmi mulai bekerja sebagai direktur olahraga akhir musim.

Hughes didatangkan Liverpool dari Bournemouth, di mana dia telah menjadi bagian dari sistem rekrutmen sejak 2014 setelah pensiun sebagai pemain. Dia akan mengikuti Michael Edwards, yang baru-baru ini kembali sebagai kepala eksekutif sepak bola Fenway Sports Group.

Liverpool tidak memiliki direktur olahraga sejak kepergian Jorg Schmadtke, yang merupakan solusi jangka pendek untuk menggantikan Julian Ward, awal tahun ini.

Baca Juga:

4 Hal Mengenai Michael Edwards, CEO untuk Era Baru Liverpool Tanpa Jurgen Klopp

CEO Baru Liverpool Tidak Bujuk Jurgen Klopp untuk Bertahan

Liverpool Harus Hindari Dua Kesalahan dalam Mencari Pengganti Jurgen Klopp

Hughes mempunyai tugas berat untuk menyiapkan Liverpool dengan manajer baru setelah Klopp akan mengundurkan diri pada akhir musim.


Siapa Hughes?

Sebagai pemain, Hughes, yang memulai karier seniornya di Bournemouth dan Portsmouth di mana dia membuktikan dirinya sebagai pemain reguler Premier League.

Dia mencatatkan 114 penampilan di liga selama enam setengah musim di Fratton Park, dan juga memainkan beberapa pertandingan Championship sebelum gantung sepatu pada 2011.

Hughes kembali ke Bournemouth menyusul penunjukan Paul Groves sebagai manajer baru. Dia akhirnya bermain selama dua tahun lagi sebelum benar-benar pensiun pada usia 34 tahun dan pindah ke tim rekrutmen di bawah bimbingan Eddie Howe.

Hughes dipromosikan menjadi direktur teknis selama The Cherries bertahan di Premier League. Dia memainkan peran besar dalam kesuksesan Bournemouth mempertahankan status sebelum terdegradasi ke Championship pada 2019/20.

Pasukan Andoni Iraola saat ini duduk di peringkat ke-13, unggul 14 poin dari zona degradasi dan telah mengumpulkan skuad muda yang mengesankan di bawah Hughes.


Perannya di Liverpool

Selain mencari pengganti Klopp, Hughes juga akan membuka pembicaraan kontrak dengan Mohamed Salah, Trent Alexander-Arnold, dan Virgil van Dijk. Ketiga pemain tersebut akan habis kontrak pada akhir musim depan.

Hughes dan Edwards baru secara resmi mulai bekerja setelah musim berakhir, namun keduanya diharapkan bisa berpengaruh dalam proses klub untuk menatap masa depan. Edwards, misalnya, berada di Old Trafford dan duduk bersama para pemimpin Liverpool lainnya saat The Reds tersingkir dari Piala FA.

“Saya sangat bangga ditawari kesempatan ini. Liverpool FC adalah klub yang unik dan saya bersyukur diberi kesempatan untuk mengabdi dalam kapasitas ini," ujar Hughes di laman resmi Liverpool.

“Orang-orang memang berhak membicarakan kekayaan sejarah yang bisa dibanggakan organisasi ini, namun masa kini dan masa depanlah yang benar-benar membuat saya bersemangat."

"Jurgen Klopp memimpin tim dan skuad yang luar biasa dan di samping itu komitmen terhadap pemain muda dan jalur mereka ke tim utama juga luar biasa," ujarnya lagi.

Edwards dan Hughes memiliki hubungan profesional dan pribadi selama lebih dari 20 tahun. Mereka sebelumnya pernah bekerja bersama saat Hughes masih menjadi pemain di Portsmouth.

“Saya senang Richard setuju untuk bergabung dengan kami dalam posisi yang sangat penting ini. Saya telah mengenalnya selama separuh hidup saya dalam kapasitas profesional dan pribadi dan dia benar-benar seseorang yang mewujudkan nilai-nilai terbaik Liverpool. Saya percaya padanya sepenuhnya," ujar Edwards.

“Dia mempunyai penilaian yang luar biasa dan rekam jejak dalam mengambil keputusan cerdas yang menguntungkan organisasi yang diwakilinya."

Liverpool Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.297

Bagikan